Beranda Denpasar News Wahana Gali Potensi Desa, Walikota Jaya Negara Apresiasi Pesona Budaya Mertasari Ke-5...

Wahana Gali Potensi Desa, Walikota Jaya Negara Apresiasi Pesona Budaya Mertasari Ke-5 Desa Sanur Kauh

bvn/hmden

PESONA BUDAYA – Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengunjungi Pesona Budaya Mertasari, Sanur pada Jumat (14/7).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memberikan apresiasi atas pelaksanaan Pesona Budaya Mertasari yang dikemas apik oleh Karang Taruna Yowana Kerthi Bhuana, Desa Sanur Kauh. Hal tersebut terungkap saat Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengunjungi Pesona Budaya Mertasari sekaligus mengikuti dan menyerahkan plakat dan selempang serangkaian Grand Final Pemilihan Teruna Teruni Desa Sanur Kauh pada pelaksanaan hari kedua di Kawasan Pantai Mertasari, Sanur pada Jumat (14/7).

Sejak tiba, Walikota Jaya Negara langsung bergerak meninjau stand yang tersedia. Beragam stand mulai dari kuliner, kerajinan dan kampanye peduli lingkungan turut hadir dalam kegiatan ini. Walikota Jaya Negara sempat berbincang hangat dengan seniman sekaligus perajin tapel atau topeng khas Sanur. Tampak hadir dalam kesempatan tersebut anggota DPRD Bali AA Gede Agung Suyoga dan Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira serta undangan lainnya.

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara memberikan apresiasi sekaligus kagum atas komitmen desa bersama karang taruna dalam memberikan wadah serta ruang kreativitas bagi seniman, pelaku kreatif dan UMKM untuk terus bertumbuh. Melalui kegiatan semacam ini, UMKM dan perajin akan dikenal khalayak umum sehingga mampu meningkatkan target pasar serta menjadi wahana promosi berkelanjutan.

Dijelaskan, melalui kegiatan ini tentunya diharapkan mampu menggali potensi wisata dan ekonomi kreatif di Desa Sanur Kauh. Terlebih melalui pemilihan Teruna Teruni Sanur Kauh yang diharapkan menjadi garda terdepan dalam mempromosikan Sanur. Hal ini lantaran Sanur kita kenal sebagai kawasan pariwisata yang terkenal hingga ke mancanegara.

Baca Juga  BMW Astra Card, Keanggotaan Eksklusif dengan Berbagai Manfaat

Ditambahkan Jaya Negara, sesuai dengan Visi Kota Denpasar yakni Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul), kegiatan “Pesona Budaya Mertasari” ke-5 yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Desa Sanur Kauh dapat menjadi referensi attraction atau daya tarik wisata berupa festival berbasis seni dan budaya di Kota Denpasar. Ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Denpasar sekaligus memberikan dampak bagi kelestarian budaya, kreativitas teruna teruni desa, lingkungan dan perekonomian masyarakat desa.

Perbekel Desa Sanur Kauh I Made Ada didampingi Ketua Karang Taruna Yowana Kerthi Bhuana Made Dura Sanjaya mengatakan, pada 2023 ini merupakan tahun yang sangat membahagiakan bagi Karang Taruna Yowana Kerthi Bhuana Desa Sanur Kauh. Pada tahun ini acara Pesona Budaya Mertasari dapat kembali dilaksanakan. Hal ini lantaran setelah beberapa tahun ditiadakan karena pandemi covid-19.

Dura Sanjaya mengatakan, pelaksanaan Kegiatan Pesona Budaya Mertasari tahun ini dikemas dalam beberapa kegiatan utama yakni Pemilihan Teruna Teruni Sanur Kauh, Lomba Sepeda dan Lomba Ngelawar. Kegiatan rangkaian ini telah dilaksanakan dimulai dari awal Juni tahun 2023 lalu. Pada tahun 2023 ini, inovasi kegiatan yang merupakan pembaharuan dari tahun-tahun sebelumnya yakni Lomba Sepeda yang diikuti oleh 30 Peserta.

Selain itu, turut dilaksanakan Lomba Ngelawar yang diikuti oleh seluruh STT se-Desa Sanur Kauh. Sedangkan acara Puncak Pesona Budaya diadakan selama 3 hari yakni dari tanggal 13-15 Juli 2023 yang dikemas degan beragam kegiatan. Mulai dari Penampilan Budaya dari 12 STT se-Desa Sanur Kauh dan Grandfinal Pemilihan Teruna Teruni Desa Sanur Kauh dengan peserta sebanyak 11 peserta. Sedangkan pada hari terakhir pada 15 Juli 2023 diadakan Music Festival. (wes/hmden)

Hosting Indonesia