Beranda Budaya Wakil Walikota Arya Wibawa Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Ogoh-ogoh Pasikian Yowana Denpasar

Wakil Walikota Arya Wibawa Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Ogoh-ogoh Pasikian Yowana Denpasar

Hosting Indonesia

bvn/hmden

HADIAH LOMBA – Wawali Arya Wibawa menyerahkan hadiah Lomba Ogoh-ogoh Pasikian Yowana Denpasar, Senin (16/5/2022).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Rangkaian acara Lomba Ogoh-ogoh se-Kota Denpasar telah sampai pada akhir, yakni penyerahan hadiah kepada pemenang lomba oleh Pemerintah Kota Denpasar pada Senin (16/5), di Gedung Taksu, Dharma Negara Alaya, Denpasar.

Penyerahan hadiah ini dihadiri oleh DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, anggota DPRD Provinsi Bali, AAN Adhi Ardhana, anggota DPRD Provinsi Bali, AA Gede Agung Suyoga, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Puwantara, Ketua Panitia Lomba Ogoh-ogoh AA Ariyuda, Ketua Pasikian Yowana Kota Denpasar, AA Made Angga Harta Yana, dan sejumlah Dewan Juri Lomba.

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Walikota Arya Wibawa mengatakan, ogoh-Ogoh merupakan visualisasi yang digunakan sebagai simbol Bhuta Hita atau mengharmoniskan alam dan lingkungan, karena pada hakikatnya tawur dan Pangrupukan serangkaian Hari Raya Nyepi bertujuan untuk menetralisir kekuatan jahat agar menjadi suatu kekuatan yang baik dan berguna bagi diri manusia dan kehidupan di alam semesta. Lomba Ogoh-ogoh sudah dilaksanakan pada bulan Maret lalu.

Hadiah serta penghargaan kepada pemenang Lomba Ogoh-ogoh ini diharapkan bisa menjadi suatu semangat para pemuda sebagai penerus akan pelestarian budaya Bali khususnya ogoh-ogoh yang bukan hanya dikenal dalam skala nasional tapi sudah terkenal hingga ke manca negara. “Ini merupakan bentuk apresiasi kami Pemerintah Kota Denpasar terhadap bentuk kreativitas positif untuk membawa dampak baik pula khususnya untuk Kota Denpasar,” ujarnya.

Adapun pemenang lomba dikategorikan menjadi 3 nominasi terbaik di 4 kecamatan Kota Denpasar, pemenang favorit terbanyak, serta pemenang taat prokes. Untuk Kecamatan Denpasar Utara juara 1 dimenangkan Sekeha Teruna Marga Yowana Banjar Marga Jati dengan Tema Arsu Guna Rasa, Juara 2 diraih ST Chandra Metu Yowana Banjar Mekar Sari dengan tema Atma Druaka, Juara 3 diraih ST Eka Manggala Danendra Banjar Tengah dengan Tema Incih Sandikala.

Baca Juga  Bupati Giri Prasta Hadiri Ulang Tahun ST Kerta Santi Banjar Adat Kerta, Petang

Di kecamatan Denpasar Timur juara 1 dimenangkan oleh ST Eka Murti Yowana Banjar Kehen dengan tema Sakit Gede, juara 2 diraih ST Tunjung Mekar Banjar Tembawu Kaja dengan tema Waksirsa, Juara 3 Mangku ST Dharma Satwika Banjar Kebon Kori Mangku dengan tema Mahesa Sura.

Di Kecamatan Denpasar Selatan juara 1 dimenangkan oleh ST Tunas Muda Banjar Dukuh Mertajati dengan tema Gerubug, Juara 2 oleh ST Eka Laksana Banjar Gaduh dengan tema Kabanda Gering, Juara 3 diraih ST Sari Sanggraha Banjar Pesanggaran dengan tema Katadah Kala.

Di Denpasar Barat juara 1 dimenangkan oleh ST Eka Adnyana Banjar Alangkajeng Gede dengan tema Pandung Pangreh, Juara 2 diraih ST Ruppti Banjar Titih dengan tema Sunda Upasunda, Juara 3 diraih ST Satria Yowana Banjar Alangkajeng Menak dengan tema Ludra Murti.

Selanjutnya untuk pemenang favorit terbanyak diraih Banjar Gaduh ST Eka Laksana, serta pemenang taat prokes oleh Banjar Pesanggaran ST. Sari Sanggraha, dan Banjar Saba Penatih ST Setersna. (gie/hmden)

Hosting Indonesia