Beranda Berita Utama Walikota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa Hadiri Karya di Banjar Sari...

Walikota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa Hadiri Karya di Banjar Sari Desa Adat Sidakarya

Hosting Indonesia

ist

KARYAWalikota IGN Jaya Negara menandatangani prasasti saat menghadiri Karya di Banjar Sari Desa Adat Sidakarya pada Kamis (25/3).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara bersama Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri Karya Arya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan lan Pedudusan Alit Wraspati Kalpa Nyatur Bah di Banjar Sari Desa Adat Sidakarya pada Kamis (25/3) bertepatan dengan Waraspati Kliwon Wuku Warigadian.

Tampak dalam kesempatan tersebut Ketua Komisi II DPRD Kota Denpasar, I Wayan Suadi Putra yang juga selaku tokoh masyarakat, Camat Denpasar Selatan, I Wayan Budha, Bendesa Adat Sidakarya, I Ketut Suka, Perbekel Desa Sidakarya, I Made Adi Widiantara serta undangan lainya dengan tetap disiplin menerapakan protokol kesehatan.

Rangkaian upacara diawali dengan pelaksanaan Caru Waraspati Kalpa, Caru Rsi Gana, Mupuk Pedagingan, Melaspas lan Ngadegang Ida Bhatara yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Buruan Manuaba. Walikota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa turut mengikuti persembahyangan bersama serta penandatanganan prasasti Banjar Sari Desa Adat Sidakarya.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Jaya Negara mengharapkan dari usainya pemugaran dan renovasi serta upacara Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan lan Pedudusan Alit Wraspati Kalpa Nyatur Bah di Banjar Sari Desa Adat Sidakarya ini dapat terus meningkatkan sradha dan bhakti masyarakat Banjar Kedaton Kesiman.

“Pelaksanaan yadnya ini tentu sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat beragama. Diharapkan upacara yadnya ini dapat memberikan energi Dharma yang dapat memancarkan hal positif bagi jagat Bali serta menetralisir hal-hal negatif melihat berbagai macam situasi yang terjadi dewasa ini demi terciptanya keseimbangan jagat beserta isinya,” ujarnya.

Sementara Manggala Karya, I Ketut Mintra mengatakan, seluruh rangkaian upacara telah dimulai sejak 19 Maret 2021 lalu yang diawali dengan upacara Ngatur Piuning Karya. Dilanjutkan dengan upacara Melaspas Tetaring lan Nunas Tirta pada 21 Maret 2021. Selanjutnya pada 22 Maret 2021 turut dilaksanakan upacara Negteg Beras lan Ngingsah. Pada Rabu 24 Maret 2021 dilaksanakan upacara Nuwur Pakuluh.

Baca Juga  Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung Raih Katagori Badan Publik Informatif Terbaik

Selanjutnya pada Kamis 25 Maret 2021 dilaksanakan upacara aru Waraspati Kalpa, Caru Rsi Gana, Mupuk Pedagingan, Melaspas lan Ngadegang Ida Bhatara. Pun demikian pada Sabtu 27 Maret 2021 mendatang akan dilaksanakan upacara Melasti. Puncak Karya akan dilaksanakan pada 28 Maret 2021 bertepatan dengan Purnama Sasih Kedasa. Sedangkan upacara Nyegara Gunung akan dilaksanakan pada Rabu 31 Maret 2021 mendatang.

Editor Wes Arimbawa

Hosting Indonesia