Beranda Berita Utama Walikota Jaya Negara Hadiri Pujawali di Pura Taman Sari Denpasar

Walikota Jaya Negara Hadiri Pujawali di Pura Taman Sari Denpasar

Hosting Indonesia

ist

TAMAN SARI – Walikota Jaya Negara menghaturkan bakti pada pujawali di Pura Taman Sari, Senin (26/4).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara melaksanakan persembahyangan pujawali di Pura Taman Sari, Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara yang jatuh setiap Purnama Jhiesta, Senin (26/4).

Wali Kota Jaya Negara mengatakan bahwa pelaksanaan pujawali Pura Taman Sari ini merupakan wujud bhakti umat yang dalam hal ini adalah warga Desa Dangin Puri Kangin, sehingga pelaksanaan yadnya ini dapat menjadi momentum atau sebagai ajang mulatsarira serta meningkatkan sradha dan bhakti umat dalam menjalankan swadarma. Walaupun dengan keterbatasan dan prokes yang ketat di dalam pelaksanaannya.

“Rasa sujud bhakti umat Hindu harus kita pupuk, sehingga yadnya sebagai wujud syukur dapat terus kita laksanakan guna meningkatkan sradha dan bhakti umat sesuai dengan swadarma menuju keseimbangan alam semesta, serta menjalankan Dharma yang dapat memberikan hal positif membersihkan dan menetralisir hal-hal negatif yang tidak diinginkan demi terciptanya keseimbangan alam beserta isinya,” katanya.

Manggala Karya, Nengah Narsa mengatakan, persiapan pelaksanaan Pujawali Pura Taman Sari sejak Kamis 22 April lalu, yang dilanjutkan dengan pelaksanaan pembersihan areal pura. Ia menjelaskan, Pura Taman Sari adalah Pura Swagina yang keberadaannya sudah ada sejak 52 tahun lalu. Sebelumnya pura ini sebagai Pura Ulun Suwi yang dikelilingi daerah persawahan.

“52 tahun lalu kawasan di sekitar Pura yakni sekitar Kreneng merupakan kawasan persawahan, sehingga Pura Taman Sari berada di areal persawahan. Namun dengan perkembangan pemukiman saat ini dengan keberadaan pura berada di kawasan perkantoran, pasar, dan pendidikan,” ujarnya.

Pura Taman Sari dengan pengempon Desa Dangin Puri Kangin yang terdiri atas tujuh banjar dan satu lingkungan Asrama Polda Bali dengan jumlah warga kurang lebih 600 KK, meliputi Banjar Kreneng, Banjar Kreneng Kaja, Banjar Merta Nadi, Banjar Kerta Bhuwana, Banjar Kertha Bhuwana Kaja, Banjar Merta Rauh dan Banjar Merta Rauh Kaja.

Baca Juga  Wakil Gubernur Bali Buka Konkerprov PGRI Bali Tahun 2023

“Kami mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Dangin Puri Kangin, Pemerintah Kota Denpasar, Walikota Denpasar beserta jajaran yang telah hadir melaksanakan persembahyangan bersama dan turut serta dalam pelaksanaan pujawali Pura Taman Sari,” ujarnya.

Editor Wes Arimbawa

Hosting Indonesia