Beranda Budaya Walikota Jaya Negara Pimpin Apel Peringatan HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI di...

Walikota Jaya Negara Pimpin Apel Peringatan HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI di Kota Denpasar

Hosting Indonesia

bvn/hmden

APEL KEMERDEKAAN – Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menjadi Inspektur Upacara Apel Bendera serangkaian Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Lapangan Lumintang Denpasar, Kamis (17/8).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Meski berada dalam suasana gerimis hujan, apel bendera Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia berlangsung khidmat di Kota Denpasar. Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bertindak sebagai Inspektur Upacara yang digelar di Lapangan Lumintang Denpasar, Kamis (17/8).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar AA Ketut Asmara Putra, Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, Kajari Denpasar Rudy Hartono, Kepala Staf Kodim 1611/Badung Letkol Inf. Pedro Soares Sarmento serta perwakilan Pengadilan Negeri Denpasar.

Tampak pula Sekda Kota Denpasar IB Alit Wirdana, Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua Gatriawara Kota Denpasar Ny. Purnawati Ngurah Gede, Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Widnyani Wiradana, jajaran anggota DPRD Kota Denpasar, Legiun Veteran, FKUB, serta OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Sebelum memasuki acara utama, seluruh peserta apel dihibur dengan penampilan Paduan Suara Gita Nayara Pemerintah Kota Denpasar dan Korsik Gema Vasudhaiva Kutumbakam Kota Denpasar yang membawakan beragam lagu-lagu wajib nasional. Rangkaian peringatan detik-detik Proklamasi di Kota Denpasar berlangsung sebagaimana umumnya. Diawali suara sirene serentak, teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Sang Merah Putih oleh Paskibraka Kota Denpasar.

Usai pelaksanaan apel, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara turut menyerahkan penghargaan kepada Kapolresta Denpasar Kombes. Pol. Bambang Yugo Pamungkas, atas komitmen serta dedikasinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Kota Denpasar melalui Aplikasi Polisi Banjar Hebat. Selain itu juga turut diserahkan dokumen putusan dan akta pencatatan sipil bagi penerima layanan bantuan hukum masyarakat miskin.

Baca Juga  Sehari, Polresta Denpasar Keluarkan 77 Surat Tilang

Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini merupakan momentum untuk mengimplementasikan spirit kebersamaan serta Vasudhaiva Khutumbakam yang bermakna kita semua bersaudara. Hal ini menjadi kunci dalam merealisasikan tema besar yakni Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam HUT ke-78 RI tahun 2023 ini, sejatinya ada beberapa hal penting yang diamanatkan Presiden Joko Widodo. Hal ini utamanya tentang estafet dan keberlanjutan pembangunan yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. “Tema ini hendaknya dimplementasikan dengan membangun sinergitas lintas sektor bersama stakeholder di Kota Denpasar sehingga mampu menciptakan pembangunan berkelanjutan yang memberikan kemanfaatan optimal bagi masyarakat luas,” ujar Jaya Negara.

Jaya Negara mengaku bersyukur rangkaian peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Kota Denpasar berlangsung khidmat dan lancar. Hal ini tak lepas dari komitmen semua pihak, terutama perangkat apel dan peserta apel yang tetap berdiri tegak meski diguyur hujan.

“Yang pertama patut kita syukuri, kita bisa melaksanakan upacara ini dengan lancar dan khidmat. Kedua yang patut kita syukuri adalah pemerintahan secara nasional telah berjalan dengan baik. Hal itu dapat kita lihat dari angka inflasi yang terus menurun dan pertumbuhhan ekonomi bangsa terus meningkat,” ujar Jaya Negara.

Dalam kesempatan yang baik ini, Jaya Negara mengajak semua pihak untuk memanfaatkan momentum HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini menjadi ajang untuk meningkatkan optimisme dengan bersatu dan bersinergi. Hal ini utamanya untuk bersama mewujudkan Terus Melaju Untuk Indonesia Maju dengan sepirit Vasudhaiva Kutumbakam,” ujar Jaya Negara.

Usai apel pengibaran Bendera serangkaian Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, juga turut dilaksanakan Apel Penurunan Bendera. Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa bertindak sebagai Inspektur Upacara yang digelar di Lapangan Lumintang Denpasar, Rabu (17/8) sore. (wes/hmden)

Hosting Indonesia