Beranda Berita Utama Wujudkan Keterpaduan dan Sinergisitas Perencanaan Capai Sasaran Pembangunan, Jaya Negara Buka Musrenbang...

Wujudkan Keterpaduan dan Sinergisitas Perencanaan Capai Sasaran Pembangunan, Jaya Negara Buka Musrenbang RKPD Kota Denpasar Tahun 2022

Hosting Indonesia

ist

MUSRENBANG – Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat membuka Musrenbang RKPD Kota Denpasar Tahun 2022 secara virtual dari Gedung Sewaka Mahotama, Graha Sewaka Dharma Selasa (30/3).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Pemerintah Kota Denpasar kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Denpasar tahun 2022. Kegiatan yang bertujuan guna menciptakan keterpaduan dan sinergitas perencanaan di berbagai bidang pembangunan ini dibuka Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara secara virtual dari Graha Sewaka Dharma, Kota Denpasar, Selasa (30/3) yang akan berlangsung dua hari hingga 2 April mendatang.

Tampak hadir secara virtual, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, beserta Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama seluruh undangan yang terdiri atas Forkompinda Kota Denpasar, Kelompok Ahli Pembangunan, akademisi, serta unsur lainya yang berjumlah sedikitnya 150 peserta.

Kepala Bappeda Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma saat diwawancarai menjelaskan, Musrenbang RKPD merupakan kegiatan rutin yang dilaksnakan setiap tahun guna membahas serta memusyawarahkan program pembangunan. Rangkaian kegiatan musrenbang ini telah dilaksanakan mulai dari musrenbang desa/kelurahan, musrenbang kecamatan, forum konsultasi publik, forum perangkat daerah dan dilanjutkan dengan Musrenbang RKPD Tahun 2022. Adapun tema yang diangkat tahun ini yakni “Penguatan Ketahanan Sosial dan Ekonomi Menuju Denpasar Maju”.

“Adapun Musrenbang RKPD Tahun 2022 ini dilaksanakan guna menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas yang sejalan dengan perencanaan pembangunan di tingkat provinsi guna mewujudkan visi Denpasar sebagai kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, musrenbang kali ini membahas sedikitnya 179 program yang dituangkan dalam 440 kegiatan dan 1.073 sub kegiatan. Hal ini meliputi Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia 73 program yang dituangkan ke dalam 214 kegiatan. Bidang Perekonomian dan SDA 53 program yang dituangkan ke dalam 110 kegiatan. Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah 53 program yang dituangkan ke dalam 116 kegiatan.

Baca Juga  Presiden Luncurkan Pembagian Obat Isoman Gratis untuk Rakyat

“Sasaran yang diharapkan dari Musrenbang RKPD Kota Denpasar Tahun 2022 yakni keterpaduan dan sinergisitas perencanaan di berbagai bidang pembangunan, sehingga upaya untuk mencapai sasaran-sasaran pembangunan daerah yang tertuang dalam komitmen perencanaan daerah dan usaha memecahkan berbagai masalah pembangunan didaerah dapat lebih efektif,” ujarnya.

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan, Musrenbang RKPD ini merupakan ajang untuk mengiventarisasi program prioritas pembangunan di Kota Denpasar. Ke depannya dapat tersusun program prioritas yang sesuai dengan Visi Denpasar Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju.

Dijelaskan Jaya Negara, seperti yang kita ketahui bersama, pandemi covid-19 yang melanda dunia dari awal tahun 2020. Kondisi ini tentu sangat mempengaruhi perencanaan pembangunan Kota Denpasar Tahun 2022. “Penyusunan RKPD Kota Denpasar Tahun 2022 harus lebih cermat dan terintegrasi sehingga mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.

Jaya Negara menekankan, di tahun 2022, penanganan covid-19 serta pemulihan ekonomi masyarakat tetapi menjadi skala prioritas jangka pendek. Hal ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan dengan ketat melalui 3M dan 3T yang merupakan satu kesatuan untuk memutus rantai penularan covid-19.

Selain itu, pihaknya juga menggenjot upaya pemulihan ekonomi masa pandemi covid-19 melalui stimulus perekonomian, pelatihan bagi tenaga kerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja melalui Program Inkubator Pandemi (PIP), fasilitasi pemberian modal kerja (sinergitas dengan BPD dan Jamkrida).

“Setelah lolos dari PIP, pendampingan bagi UMKM untuk pengembangan produk berstandar ekspor, menyiapkan e-marketplace, optimalisasi DNA sebagai ruang bagi start-up Denpasar untuk mengembangkan kreativitasnya dan berbagai program pemulihan ekonomi lainnya,” ujar Jaya Negara.

Dengan besarnya potensi SDM yang dimiliki, lanjut Jaya Negara, pertumbuhan ekonomi kreatif yang akan digawangi oleh anak muda, diharapkan dapat meningkatkan pemulihan perputaran roda perekonomian di Kota Denpasar, selain sektor pariwisata yang selama ini menjadi sektor utama pertumbuhan ekonomi di Kota Denpasar.

Baca Juga  Wagub Cok Ace: Penghargaan bagi Atlet dan Pelatih Berprestasi Tumbuhkan Semangat Tingkatkan Prestasi

“Saya berharap melalui penyelenggaraan Musrenbang RKPD ini, akan tercipta diskusi dan pemikiran yang inovatif dan kreatif dari seluruh pemangku kepentingan, sehingga dapat tersusun dokumen perencanaan pembangunan yang secara komperehensif mampu menjawab berbagai permasalahan pembangunan di Kota Denpasar,” pungkasnya.

Editor Wes Arimbawa

Hosting Indonesia