Beranda Badung News Ajak Semua Pihak Jaga Persatuan Umat Hindu, Bupati Giri Prasta Buka Rapat...

Ajak Semua Pihak Jaga Persatuan Umat Hindu, Bupati Giri Prasta Buka Rapat Kerja Pengurus PHDI Badung

Hosting Indonesia

ist

PENGARAHAN – Bupati Badung Nyoman Giri Prasta memberikan pengarahan sekaligus membuka rapat kerja Pengurus PHDI Kabupaten Badung 2021-2026 di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Rabu (17/11).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) sebagai lembaga yang bertugas memberikan penyuluhan dan penerangan kepada umat Hindu, harus mampu memberikan solusi-solusi yang akan diimplementasikan oleh masyarakat dalam menjalankan kewajiban sebagai umat Hindu Dharma berdasarkan rontal  yang ada. “Kami meyakini agama itu bukan hafalan namun agama itu adalah implementasi. Untuk itu selaku Pemerintah Kabupaten Badung kami memberikan apresiasi atas terselenggaranya rapat kerja pengurus PHDI Kabupaten Badung,” demikian ujar Bupati Badung Nyoman Giri Prasta saat memberikan pengarahan sekaligus membuka rapat kerja Pengurus PHDI Kabupaten Badung masa bakti 2021-2026 bertempat di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Rabu (17/11).

Turut hadir Sulinggih PHDI Kabupaten Badung, Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Badung, Widyasaba Kabupaten Badung, Listibya Kabupaten Badung, Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kabupaten Badung, Pinandita Sanggraha Nusantara Badung, Paiketan Lansia Badung dan jajaran Pengurus PHDI Badung.

Dalam menyikapi fenomena yang berkembang saat ini, terkait adanya dualisme PHDI, Bupati Giri Prasta mengajak krama Hindu tetap solid menjaga persatuan dan kesatuan. “Kita kembalikan pada ketentuan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan RI. Kita akan berbicara tentang legalitas mana yang sah, itu yang kita jalankan. Jangan sampai masalah ini terus menjadi blunder di lapangan sehingga akan membuat umat Sedharma mempunyai pemikiran yang tidak-tidak. Kalau nanti mau diganti dan sebagainya itu sudah ada mekanisme yang harus dilakukan,” ungkapnya.

Di sisi lain Bupati Giri Prasta juga menginginkan, PHDI Badung ada sampai di tingkat desa/kelurahan. Pihaknya membutuhkan Dharma Duta yang mampu memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada krama Hindu berkenaan dengan upacara dan upakara yang meliputi Bhuta Yadnya, Manusia Yadnya, Rsi Yadnya, Pitra Yadnya maupun Dewa Yadnya. “Dengan semua ini, akan ada ketatwaan yang disampaikan Dharma Duta sehingga umat paham dengan apa yang dibutuhkan dalam setiap yadnya yang digelar, uparengganya apa dan sarananya apa, sehingga sudah ada penjelasannya. Ini yang harus kita lakukan, kalau kita ingin dekat dengan Hyang Widhi Wasa, maka laksanakan upacara yadnya,” terang Bupati Giri Prasta seraya mengungkapkan setelah terlaksananya rapat kerja pengurus PHDI Kabupaten Badung, pihaknya akan segera memberikan buku panduan kepada para pemangku sebagai dasar dalam melaksanakan upacara di lapangan.

Baca Juga  Ciptakan Kenyamanan Objek, Dewan Dukung Retribusi Masuk Pantai Kuta

Sementara, Ketua Harian PHDI Badung Gede Rudia Adiputra melaporkan, rapat kerja PHDI Kabupaten Badung dilaksanakan dalam rangka menyongsong seluruh program kerja Pemkab Badung sekaligus untuk memperkenalkan pengurus baru masa bakti 2021-2026 kepada Bupati Badung. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan tupoksi kepada masing-masing pengurus baru. “Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Badung beserta jajaran, berkat bantuan beliau acaranya ini bisa terlaksana sebagaimana mestinya,” terang Gede Rudia Adiputra. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia