Beranda Denpasar News Deteksi Kanker Sejak Dini, Ny. Antari Jaya Negara Ajak Wanita Rutin Ikuti...

Deteksi Kanker Sejak Dini, Ny. Antari Jaya Negara Ajak Wanita Rutin Ikuti IVA Test

Hosting Indonesia

bvn/hmden

IVA TEST – Antari Jaya Negara meninjau Gebyar IVA Test yang diinisiasi Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) di Puskesmas Pembantu Penatih, pada Senin (19/2) pagi.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyerukan ajakan untuk mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test, sebagai sebuah langkah deteksi awal kanker serviks, kepada para wanita. Hal ini diungkapkan Antari Jaya Negara saat meninjau pelaksanaan Gebyar IVA Test yang diinisiasi Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yang digelar di Puskesmas Pembantu Penatih, pada Senin (19/2) pagi.

Hadir mendampingi saat peninjauan itu, Ketua GOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr. Anak Agung Ayu Agung Candrawati. “Saya mendorong kepada para wanita di Kota Denpasar untuk mau ikut pemeriksaan ini, sebagai upaya untuk mencegah terjangkitnya kanker tersebut dalam tubuh kita,” ungkapnya.

Selain itu, Antari Jaya Negara juga mengimbau, para wanita agar secara rutin melakukan test SADARI untuk deteksi kanker pada payudara. “Upaya lain yang kita bisa lakukan adalah test SADARI, yakni untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini,” lanjut Antari Jaya Negara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr. Anak Agung Ayu Agung Candarawati memaparkan, penyelenggaraan Gebyar IVA ini adalah sinergitas dengan Yayasan Kanker Indonesia yang digagas untuk memperingati Hari Kanker Sedunia. “Tema Hari Kanker Sedunia tahun ini adalah ‘Close the Care Gap’ yang artinya akhiri kesenjangan perawatan penderita kanker. Kita bekerja sama dengan YKI agar bisa memfasilitasi pemeriksaan bagi para wanita,” kata dr. Candrawati.

Baca Juga  Update Covid 19 di Denpasar, 14 Orang Sembuh, Kasus Positif Bertambah 10 Orang

Selebihnya, dr. Candrawati juga menyampaikan, agar para wanita tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS), mengurangi konsumsi makanan siap saji, serta penggunaan bahan kimia di area organ vital wanita. (wes/hmden)

Hosting Indonesia