Beranda Denpasar News Dukung Pengolahan Sampah Berbasis Sumber, TPS3R Nirmala Saba Penatih Resmi Beroperasi

Dukung Pengolahan Sampah Berbasis Sumber, TPS3R Nirmala Saba Penatih Resmi Beroperasi

Hosting Indonesia

bvn/hmden

PERDANA – Pelaksanaan operasional perdana Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuce Recycle (TPS3R) Nirmala Saba Penatih, Banjar Saba, Kelurahan Penatih pada Jumat (1/12).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Pemerintah Kota Denpasar terus mendukung pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuce Recycle (TPS3R) di setiap desa/kelurahan. Kali ini, setelah pembangunan fisik tuntas dikerjakan, TPS3R Nirmala Saba Penatih, Banjar Saba, Kelurahan Penatih resmi beroperasi pada Jumat (1/12). Beroperasinya TPS3R ini diharapkan mampu mendukung terciptanya pengolahan sampah berbasis sumber di Kota Denpasar.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Administrasi Pembangunan Kota Denpasar AA Gde Risnawan, anggota DPRD Kota Denpasar I Ketut Budha, perwakilan Camat Denpasar Timur, perwakilan Kelurahan Penatih, bendesa adat se-Kelurahan Penatih, dan kepala lingkungan se-Kelurahan Penatih. Dalam kesempatan tersebut turut dilaksanakan penyerahan kartu anggota pemanfaat bagi masyarakat.

Asisten Administrasi Pembangunan Kota Denpasar AA Gde Risnawan dalam kesempatan tersebut menjelaskan, sampah merupakan permasalahan klasik perkotaan. Penanganan sampah berbasis sumber merupakan salah satu opsi guna mendukung optimalisasi penanganan sampah di Kota Denpasar.

Dijelaskan, kehadiran TPS3R Nirmala Saba Penatih, Banjar Saba, Kelurahan Penatih merupakan angin segar penanganan sampah di Kota Denpasar sehingga diharapkan kehadiran TPS3R ini mampu mengatasi masalah sampah minimal di wilayah Banjar Saba hingga Kelurahan Penatih dan sekitarnya. “Tentu kami memberikan apresiasi, sekaligus menjadi angin segar dalam pemanganan sampah di Kota Denpasar, minimal bisa mengatasi permasalahan sampah di Banjar Saba hingga Kelurahan Penatih serta daerah penyangga. Semoga hadirnya TPS3R ini mampu menjadi contoh dalam pengolahan sampaj berbasis sumber di Kota Denpasar,” ujarnya.

Lurah Penatih I Wayan Mudra mengatakan, TPS3R ini didirikan guna mendukung kebijakan pengolahan sampah berbasis sumber di Kota Denpasar. Saat ini TPS3R Nirmala Saba Penatih, Banjar Saba, Kelurahan Penatih ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan sampah di Banjar Saba dan Kelurahan Penatih secara umum.

Baca Juga  Tekan Penularan Kasus, Satgas Desa Dauh Puri Kangin Gencarkan "Tracing" Jemput Bola Lacak Kasus Covid-19

Dikatakannya, saat ini TPS3R Nirmala Saba Penatih, Banjar Saba, Kelurahan Penatih ini difokuskan dalam mendukung pengolahan sampah yang sudah dipilah. Pengolahannya difokuskan untuk komposting dan kedepan akan dikembangkan dengan penambahan Meskn Gibrik. “Saat ini penanganan sampah yang dipilah menjadi fokus utama, dan ke depan akan ditambah mesin gibrik, diharapkan pengolahan sampah lebih optimal guna menekan pergerakan sampah menuju TPST dan TPA Suwung,” ujarnya. (wes/hmden)

Hosting Indonesia