Beranda Another Region News Gubernur Koster dan Wagub Cok Ace Haturkan Bakti Penyineban Karya IBTK di...

Gubernur Koster dan Wagub Cok Ace Haturkan Bakti Penyineban Karya IBTK di Pura Agung Besakih

bvn/hmprov

APPLAUSE – Krama Bali applause pelayanan di Besakih berkat kerja Gubernur Koster membangun fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih.

 

AMLAPURA (BALIVIRALNEWS) –

Gubernur Bali Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, serta Ida Dalem Semara Putra menghaturkan bhakti Penyineban Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih yang didampingi oleh Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI I Nengah Duija, Bupati Karangasem Gede Dana, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dan Wabup Bangli I Wayan Diar, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, Ketua DPRD Gianyar Wayan Tagel Winarta, Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika beserta krama Bali pada, Rabu (Buda Paing, Wayang) 26 April 2023 yang ditandai dengan Nuwek Bagia Pula Kerthi.

Bhakti Penyineban Karya IBTK di Pura Agung Besakih dipuput oleh Ida Pedanda Made Jelantik Sidemen dari Griya Sidemen, Karangasem, Ida Pedanda Gede Manu dari Griya Muncan, Karangasem, dan Ida Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun dari Kedatuan Kawista Belatungan Pupuan, Tabanan. Sebelum bhakti Penyineban Karya IBTK dilaksanakan, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mesolah Topeng
Sidakarya.

Dalam sambrama wacananya, Murdaning Jagat Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada sulinggih, pemangku, jajaran Kepolisian, pecalang yang telah dengan tulus ngaturang ngayah melancarkan Karya IBTK di Pura Agung Besakih. Apresiasi pula diberikan untuk pamedek yang telah tertib dan disiplin menjalankan Surat Edaran No. 03 Tahun 2023 Tentang Tatanan Baru Bagi Pamedek/Pengunjung Saat Memasuki dan Berada di Kawasan Suci Pura Agung Besakih Selama Pelaksanaan Karya IBTK.

Baca Juga  Giri Tribroto: Pengaruhi Daya Saing, Digitalisasi di Kalangan BPR Hukumnya Wajib

Gubernur Bali, Wayan Koster menyampaikan rasa syukurnya di hadapan Hyang Widhi Wasa, karena sebelum Karya IBTK di Pura Agung Besakih, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini menjelaskan Program Pelindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih
yang dilaksanakannya dengan menggunakan dana APBD Semesta Berencana Provinsi Bali dan APBN Kementrian PUPR telah selesai dibangun dengan terwujudnya fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih. Saat Karya ini berlangsung, para pamedek merasakan nyaman dan aman menuju dan tiba di Pura Agung Besakih, serta kondisi parkir kendaraan juga dirasakan sudah tertata rapi.

Selama Karya IBTK, titiang terus memantau setiap hari pelayanan para petugas ke pamedek yang tangkil ke Pura Agung Besakih melalui CCTV. Dari pagi sampai malam hari saya ikuti, begitu ada hal yang tidak beres dalam pelayanan di Besakih titiang langsung telepon, termasuk kalau ada kemacetan saat pamedek membludak tangkil, titiang langsung koordinasikan ke Pak Kapolda Bali, astungkara langsung lancar. “Suksma Bapak Kapolda Bali beserta jajarannya di Polres Karangasem, Polres Bangli dan Polres Klungkung,” ujar orang nomor satu di Pemprov Bali ini.

Selama Karya IBTK, jumlah pamedek yang tangkil ke Pura Agung Besakih sampai hari ini lebih dari 700 ribu orang, dan menurut penuturan Bendesa Adat Besakih bahwa tahun ini lebih banyaknya yang tangkil dari tahun sebelumnya, karena ada yang ingin tahu secara langsung Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih. Kemudian untuk kendaraan yang datang ke Besakih selama 21 hari, jumlahnya hampir mencapai 125.000. Roda dua lebih dari 36.000, roda empat lebih dari 85.000, bus lebih dari 2.000, dan truk hanya 3 yang ke Besakih dengan sirkulasi parkir berjalan dengan lancar. “Jadi, saya sedang menguji sistem pelayanan ini, sehingga tahun depan harus lebih baik lagi pelayanannya,” kata Gubernur Bali jebolan ITB ini.

Baca Juga  Ketua Kadin Bali: Investor harus Beri Ruang Promosi bagi Hasil UMKM Lokal

Untuk kebersihan, saya pantau langsung ketertiban pamedek, ada yang sudah tertib, habis makan sampahnya dimasukkan kembali ke tas kantong, tetapi ada juga kasus yang membuang sampah di tangga parkir. Begitu juga mengenai larangan menggunakan tas plastik sekali pakai, tercatat di hari pertama pada tanggal 5 April 2023 cukup banyak ada pamedek yang menggunakan tas plastik, namun beberapa hari selanjutnya sudah berkurang penggunaan tas plastik setelah panitia Karya IBTK menertibkan pamedek yang membawa tas plastik harus dilepas dari area Manik Mas, sehingga penggunaan tas plastik dan sampah plastik di kawasan suci Beskaih ini sudah mulai berkurang.

Petugas yang terlibat dalam Karya IBTK mencapai 940 orang yang terdiri atas Kepolisian 431 orang, instansi Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Kabupaten Karangasem, PLN,
perbankan dan organisasi lainnya yang mencapai 509 orang. Ada juga yang berpartipasi untuk memberikan pelayanan service kendaraan, tercatat 387 unit kendaraan yang diservice gratis di Terminal Kedungdung. Pemeriksaan kesehatan juga dilakukan di Pos Pelayanan Kesehatan yang jumlahnya mencapai 1.210 orang.

Dari keseluruhan pelayanan yang didapatkan, pamedek selama Karya IBTK di Pura Agung Besakih secara umum menyampaikan telah berjalan lancar, aman, nyaman, damai, tertib,
indah dan membahagiakan. “Pamedek juga ada yang memberikan penilaian luar biasa terhadap adanya fasilitas Kawasan Suci di Pura Agung Besakih,” jelas Gubernur Koster seraya menyatakan fasilitas toilet yang disediakan di Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih adalah gratis untuk pamedek dan pengunjung. Kalau dulu orang yang ke toilet
harus bayar dari Rp 3.000 sampai Rp 5.000.

Mengakhiri sambrama wacananya, Gubernur Bali menegaskan bahwa setelah Karya IBTK di Pura Agung Besakih, titiang akan meneruskan sistem yang diterapkan di Besakih ini atau dijadikan model untuk semua Pura Sad Kahyangan, Dang Kahyangan, dan Dang Kahyangan Desa supaya kita semua tertib. “Sanggup apa tidak?” tanya Gubernur Koster yang dijawab oleh krama Bali dengan nada sanggup sembari Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini mendapat apresiasi dan applause tepuk tangan dari krama Bali yang hadir sembahyang.

Baca Juga  Badan Anggaran DPRD Badung dan TAPD Bahas Hasil Evaluasi Gubernur terhadap RAPBD 2021

Ketua Panitia Karya IBTK 2023, Jro Mangku Widiartha menyampaikan ucapan terima kasih kepada sulinggih, pemangku, Gubernur Bali Wayan Koster beserta Pemerintah Provinsi
Bali dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Bali yang dengan tulus menghaturkan ngayah selama karya hingga sukses. “Keseluruhan prosesi sudah berjalan dengan baik dan lancar. Prosesi penyineban yang dipuput oleh sulinggih secara umum mengandung makna ucapan terima kasih yang luar biasa kepada Ida Bhatara yang berstana di Pura Agung Besakih. “Persembahan yang dilakukan diharapkan Ida Sesuhunan sami memberikan suatu limpahan pada umat berupa kesejahteraan, kerahayuan, dan dirgayusa, serta memberikan amertha pada kita semua,” tutup Jro Mangku Widiartha. (sar/hmprov)

Hosting Indonesia