Beranda Badung News Ikuti Lomba UDG Provinsi Bali 2023, Wabup Suiasa Lepas Peserta Utsawa Dharma...

Ikuti Lomba UDG Provinsi Bali 2023, Wabup Suiasa Lepas Peserta Utsawa Dharma Gita Duta Badung

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

PESERTA UDG – Wabup Ketut Suiasa secara resmi melepas peserta UDG Duta Kabupaten Badung yang akan mengikuti Lomba UDG tingkat Provinsi Bali di ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Rabu (30/8).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa secara resmi melepas peserta Utsawa Dharma Gita (UDG) Duta Kabupaten Badung yang akan mengikuti Lomba UDG tingkat Provinsi Bali tahun 2023. Pelepasan dilaksanakan di ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Rabu (30/8) ditandai dengan menyuarakan gentora. Hadir Ketua Komisi IV DPRD Badung I Made Suwardana, Kadis Kebudayaan I Gede Eka Sudarwitha, Kementerian Agama Badung, PHDI Badung, Majelis Desa Adat, Listibiya, Widya Sabha, Tim Pembina UDG serta peserta lomba UDG duta Kabupaten Badung.

Pada kesempatan tersebut Wabup Suiasa menyampaikan, atas nama Pemkab Badung sangat bangga dan berterima kasih kepada para peserta terlebih kepada para pembina sehingga duta Badung kembali dapat mengikuti lomba UDG tingkat Provinsi Bali. Terlaksananya UDG baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional tujuannya untuk mengajegkan sastra-sastra agama Hindu. Namun yang paling penting bagaimana mampu meningkatkan pemahaman bagi anak-anak dan para generasi muda mengenai isi dari sastra agama dan budaya tersebut.

Dijelaskan, Pemkab Badung sangat berkomitmen dalam melestarikan sastra agama Hindu. Komitmen tersebut dituangkan dalam visi misi serta program prioritas Pemkab Badung yakni melestarikan seni, adat, agama, tradisi dan budaya. Selain itu dalam 6 prinsip dasar pembangunan Badung, juga terdapat pro culture berpihaknya kepada kebudayaan. “Memang dari dulu UDG dilaksanakan. Namun hingga sekarang masih menjadi tantangan kita bersama untuk bagaimana mengarahkan para generasi agar mau belajar sastra agama. Tidak hanya sebatas hobi, memahami isi sastra agama dan melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi kebutuhan ke depan,” harapnya.

Baca Juga  FIB Unud Lepas 125 Calon Wisudawan pada Periode Wisuda Ke-149

Kadis Kebudayaan I Gede Eka Sudarwitha mengatakan, dalam UDG Provinsi Bali tahun ini, peserta lomba UDG Duta Badung 58 orang yang merupakan para juara pada UDG tingkat kabupaten dan ada dua peserta yang ditunjuk langsung. Duta Badung akan mengikuti 32 kategori lomba, di antaranya kidung, kekawin, macepat, membaca sloka, palawakya, dharma wacana bahasa Bali, dharma wacana bahasa Inggris, nyanyian keagamaan, serta dharma wiwarga atau debat agama Hindu. Lomba akan berlangsung dari tanggal 4-7 September 2023 di Taman Budaya Art Center Denpasar. Diharapkan, duta Badung mampu tampil terbaik dan meraih juara, sehingga dapat menjadi duta UDG Bali untuk mengikuti lomba UDG nasional tahun 2024 di Surakarta, Jawa Tengah. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia