Beranda Another Region News KMP Agung Samudra XVIII Kandas di Perairan Selatan Bali

KMP Agung Samudra XVIII Kandas di Perairan Selatan Bali

Hosting Indonesia

bvn/gung

Proses evakuasi penumpang di KMP Agung Samudra XVIII, Minggu (11/2/2024).

 

NEGARA (BALIVIRALNEWS) –

Tim SAR gabungan mengevakuasi penumpang KMP Agung Samudra XVIII kandas di Perairan Selat Bali, Minggu (11/2/2024). Kapal dengan rute Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk tersebut mengangkut 42 orang penumpang dan 16 orang ABK (anak buah kapal).

Awalnya kapal lepas sandar sekitar pukul 11.50 wita, namun sekitar satu jam berselang KMP Agung Samudra XVIII terseret arus kemudian kandas di sebelah utara Pelabuhan Gilimanuk. “Tepatnya kurang lebih sekitar 1 mil dari Pelabuhan Gilimanuk ke arah barat, tepatnya di sebelah utara,” ujar Koordinator Pos SAR Jembrana, Dewa Hendri, Minggu (11/2/2024) di Jembrana.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima informasi pada pukul 13.55 Wita dari anggota Pos TNI AL Gilimanuk. Segera diberangkatkan 5 personel dari Pos SAR Jembrana menuju Gilimanuk untuk pergerakan rubber boat. Selain itu proses evakuasi juga menggunakan 2 unit speed boat dan 2 unit RIB.

Akhirnya pada pukul 16.45 Wita, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi penumpang dengan selamat. Sebanyak 38 orang dibawa menuju Ruang Tunggu ASDP Gilimanuk, sementara 4 penumpang lainnya beserta ABK tetap berada di dalam kapal. “Saat ini kapal masih kandas dan menunggu air pasang, rencananya nanti malam akan ditarik dengan tug boat,” katanya.

Dia menyampaikan, selama proses evakuasi turut melibatkan unsur SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Pos SAR Jembrana), TNI AL Pos Gilimanuk, Polairud Polres Jembrana, Polsek Gilimanuk, KP3 Gilimanuk, Brimob Kompi C Gilimanuk, KSOP Gilimanuk, BPBD Kabupaten Jembrana, KPLP, Potensi SAR 115, agen kapal. (bvn4)

Baca Juga  Wagub Cok. Ace Jadi Pembicara Dalam Seminar Internasional "Re-Inventing Indonesian Health, Wellness & Tourism Industry"
Hosting Indonesia