Beranda Badung News Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan FK Unud 2023 Gelar Seminar Nasional

Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan FK Unud 2023 Gelar Seminar Nasional

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

SEMINAR NASIONAL – Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan FK Unud menggelar seminar nasional, Jumat (18/8/2023).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Seminar Nasional E-Talk 2023 ini merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan secara online melalui zoom meeting yang diikuti oleh anggota inti dan anggota muda Badan Semi Otonom Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan dari luar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kegiatan ini diselenggarakan selama 1 hari Jumat (18/8/2023) dengan bentuk kegiatan berupa seminar dan talkshow.

Seminar Nasional E-TalkBSO KMPL tahun ini mengusung tema “Waste Processing to Make Clean and Healthy Environment” dimana tema ini diangkat dengan harapan agar para peserta Seminar Nasional E-Talk 2023 ke depannya sebagai generasi muda mampu membantu menyelamatkan lingkungan dan memiliki kepedulian serta kepekaan terhadap keadaan lingkungan saat ini, sehingga mampu memecahkan permasalahan dan memberikan solusi terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi khususnya terkait dengan pengelolaan sampah.

Dalam seminar ini, adapun materi yang dipaparkan yaitu “𝗣𝗲𝗻𝗴𝗲𝗹𝗼𝗹𝗮𝗮𝗻 𝗦𝗮𝗺𝗽𝗮𝗵 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗕𝗲𝗹𝘂𝗺 𝗧𝗲𝗿𝗶𝗺𝗽𝗹𝗲𝗺𝗲𝗻𝘁𝗮𝘀𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗕𝗮𝗶𝗸 𝗱𝗶 𝗜𝗻𝗱𝗼𝗻𝗲𝘀𝗶𝗮” yang dibawakan oleh Luh Putu Anggita Baruna, selaku community manager untuk Sungai Watch. Sungai Watch merupakan organisasi non-pemerintah untuk melindungi dan memulihkan sungai dimulai dari sungai di Bali, Indonesia dengan mengembangkan dan merancang teknologi sederhana untuk menghentikan aliran polusi plastik ke laut.

Selain itu, Seminar Nasional KMPL 2023 juga menyelenggarakan 2 talkshow mengenai “𝗣𝗲𝗻𝗴𝗮𝗿𝘂𝗵 𝗚𝗮𝘆𝗮 𝗛𝗶𝗱𝘂𝗽 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗥𝗮𝗺𝗮𝗵 𝗟𝗶𝗻𝗴𝗸𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗧𝗲𝗿𝗵𝗮𝗱𝗮𝗽 𝗞𝗲𝘀𝗲𝗵𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗗𝗮𝗺𝗽𝗮𝗸 𝗱𝗮𝗿𝗶 𝗚𝗮𝘆𝗮 𝗛𝗶𝗱𝘂𝗽 𝗥𝗮𝗺𝗮𝗵 𝗟𝗶𝗻𝗴𝗸𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗕𝗮𝗴𝗶 𝗟𝗶𝗻𝗴𝗸𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻” yang dibawakan oleh Putu Ayu Saraswati, S.Ked, seorang Duta Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia, Praktis Medis, Model, dan Puteri Indonesia Lingkungan 2020, serta talkshow membahas “𝗣𝗲𝗿𝗮𝗻𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗞𝗲𝘁𝗲𝗿𝗹𝗶𝗯𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗔𝗻𝗮𝗸 𝗠𝘂𝗱𝗮 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗪𝗮𝘀𝘁𝗲 𝗣𝗿𝗼𝗰𝗲𝘀𝘀𝗶𝗻𝗴 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗠𝗲𝘄𝘂𝗷𝘂𝗱𝗸𝗮𝗻 𝗟𝗶𝗻𝗴𝗸𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗜𝗻𝗱𝗼𝗻𝗲𝘀𝗶𝗮 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗦𝗲𝗵𝗮𝘁” yang dibawakan oleh Aeshnina Azzahra Aqilani, seorang pelajar yang terkenal akan aksinya dalam melindungi lingkungan di Kabupaten Gresik.

Baca Juga  Kolaborasi dengan CSIS dan Tokopedia, FEB Unud Gelar Studi "Membangun Kemampuan Digital UMK yang Berdaya Saing"

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kedokteran Udayana, Prof. dr. I Md. Ady Wirawan, MPH, Ph.D, yang ditandai dengan tepuk tangan 3 kali. Prof. Ady dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Seminar Nasional KMPL 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan generasi muda agar mampu menyelamatkan lingkungan dan memiliki kepedulian serta kepekaan terhadap keadaan lingkungan saat ini.

“Semoga Seminar Nasional KMPL ini bisa bermanfaat bagi peserta dan mampu memberikan pemahaman mengenai permasalahan lingkungan yang terjadi khususnya terkait dengan pengelolaan sampah,” ucapnya.

Agenda kegiatan Seminar Nasional KMPL 2023 kali ini diisi dengan pemberian materi seminar, sesi talkshow, pengisian post test materi, pemberian doorprize, pengumuman rewards, dan diakhiri dengan penutupan. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh masing-masing perwakilan BEM, HM, serta BSO di FK Unud. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3436-Seminar-Nasional-Komunitas-Mahasiswa-Peduli-Lingkungan-Fakultas-Kedokteran-Universitas-Udayana-2023.html

Hosting Indonesia