Beranda Berita Utama Lewat “Door Prize” dan KPPS Perempuan, Partisipasi Pemilih di Banjar Kertasari Peguyangan...

Lewat “Door Prize” dan KPPS Perempuan, Partisipasi Pemilih di Banjar Kertasari Peguyangan Naik Tajam

Hosting Indonesia

bvn/wes

HITUNG SUARA – Proses penghitungan suara di TPS-TPS Banjar Kertasari masih berlangsung, terutama untuk DPR RI, DPRD Bali dan DPRD Kota.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Strategi yang digelar Banjar Kertasari Peguyangan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2024, Rabu (14/2/2024) dengan menampilkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) perempuan dan memberikan sejumlah door prize ternyata membuahkan hasil. Jika pada pemilu sebelumnya, partisipasi pemilih hanya 60 persen, pada pemilu serentak kali ini melonjak menjadi 76 persen.

Hal itu terungkap dari data yang diperoleh Baliviralnews.com di enam tempat pemungutan suara di Banjar Kertasari Peguyangan yang dipusatkan di TK Candra Kasih bilangan Jalan Ayani Denpasar. Jumlah daftar pemilih tetap tercatat 1.690 orang, sementara yang hadir tercatat 1.283 orang. “Secara persentase kehadiran atau partisipasi pemilih mencapai 76 persen,” ujar Kelian Banjar Kertasari Gusti Ngurah Sardula yang ditemui di sela-sela penghitungan suara di enam TPS yang ada.

Terkait keberhasilan meningkatkan partisipasi pemilih ini, ungkap Sardula, tak semata-mata karena KPPS unik (menggunakan perempuan semua, red) dan door prize. Ini juga tak lepas dari kesadaran masyarakat yang makin meningkat. “Masyarakat sadar bahwa kehadirannya ke TPS akan sangat terkait dengan masa depan bangsa,” ujarnya.

Penghitungan suara di TPS Banjar Kertasari.

Dari 1.690 data pemilih tetap, Banjar Kertasari membangun enam TPS, mulai TPS 17, 18, 19, 20, 21, dan 22. Semua TPS tersebut dipusatkan di TK Candra Kasih yang berlokasi tak jauh dari Banjar Kertasari.

Begitu dimulai, warga banjar mulai berdatangan ke TPS. Mereka memasuki TPS masing-masing, selanjutnya mendaftar dan memperoleh 5 kartu suara yakni kartu pilpres, kartu Dewan Perwakilan daerah (DPD), kartu DPR RI, DPRD I, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Baca Juga  Ny. Putri Koster Buka Webinar Peran Krama Istri Dalam Pengelolaan Sampah di Utama Mandala Pura

Hingga berita ini ditulis, data pilpres sudah clear. Pasangan nomor urut 2 yakni Prabowo-Gibran unggul di enam TPS ini. Di enam TPS ini, pasangan Prabowo Gibran memperoleh 823 suara, pasangan Ganjar-Mahfud memperoleh 422 suara, dan pasangan Anis-Cak Imin hanya memperoleh 20 suara.

Suara untuk calon anggota DPD RI di TPS 19, Rai Mantra unggul dengan 91 suara, disusul AWK dengan 45 suara, dan Luh Jelantik 41 suara. Di TPS 18, Rai Mantra juga unggul dengan 66 suara, disusul Luh Jelantik dengan 53 suara, dan AWK 33 suara. Sementara di TPS 22, Rai Mantra tetap unggul dengan 65 suara, disusul Luh Jelantik 57 suara, dan AWK 31 suara.

Hingga berita ini disiarkan, proses penghitungan suara untuk DPR RI, DPRD Bali dan DPRD Kabupaten/Kota sedang berlangsung. Para KPPS perempuan ini tetap semangat dan fokus melaksanakan tugasnya. (sar)

Hosting Indonesia