Beranda Denpasar News Masyarakat Banjar Tengah Peguyangan Antusias Ikuti Bank Sampah

Masyarakat Banjar Tengah Peguyangan Antusias Ikuti Bank Sampah

Hosting Indonesia

bvn/hmden

ANTUSIAS – Warga antusias mengumpulkan sampah di Bank Sampah Mawar, Banjar Tengah, Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Minggu (7/4).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Kelurahan Peguyangan rutin memberikan dukungan atas pelaksanaan bank sampah di setiap banjar. Bank sampah ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan untuk mendukung pengolahan serta pemilahan sampah berbasis sumber.

Pengumpulan sampah kali ini dilaksanakan di Bank Sampah Mawar, Banjar Tengah, Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Minggu (7/4). Giat tersebut berhasil mengumpulkan 346,829 kilogram sampah organik dan anorganik, 1 botol bir besar dan 8 biji jerigen yang ditabung oleh warga lingkungan setempat. Hal ini menunjukkan partisipasi aktif dalam upaya pengelolaan lingkungan.

Lurah Peguyangan Gede Sudi Arcana memberikan apresiasi yang kepada warga Banjar Tengah, Kelurahan Peguyangan atas partisipasi dalam mengumpulkan sampah ke bank sampah tersebut. Pihaknya mengatakan, kegiatan ini dilakukan setiap bulan pada minggu pertama sebagai bagian dari upaya rutin untuk meningkatkan kesadaran lingkungan.

Dari 8 bank sampah yang ada di Kelurahan Peguyangan, Bank Sampah Mawar dikenal sebagai bank sampah yang paling konsisten dalam melakukan penimbangan sampah. Hal ini lantaran langsung dikelola oleh kader. “Ini tidak hanya sebagai upaya pengelolaan sampah tetapi juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat untuk memilah sampah di rumah sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir,” ujarnya

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, Kelurahan Peguyangan sedang menjajaki rencana untuk memulai program penukaran sampah dengan beras. Hal ini guna membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehingga mengubah sampah menjadi berkah dapat berjalan berkelanjutan. “Ini adalah langkah strategis dalam memperkenalkan konsep pengelolaan sampah secara menyeluruh kepada masyarakat,” ungkap Arcana.

Gede Arcana juga menekankan perlunya pemahaman yang mendalam tentang pengelolaan sampah di masyarakat. Fasilitas seperti Bank Sampah Abukasa telah disediakan untuk pengambilan sampah plastik, sementara minyak jelantah dapat diambil oleh Sinar Bumi Menghijau (SBM).

Baca Juga  Sosialisasi Pemilahan Sampah Berbasis Sumber, Ubah Perilaku Masyarakat Terkait Pengolahan Sampah Desa Pemogan

Arcana mengajak seluruh warga untuk memanfaatkan keberadaan bank sampah sebagai sarana untuk lebih memahami dan tepat sasaran dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan sampah. Semua kegiatan ini tercatat dengan rapi dalam buku catatan, sehingga aktivitas warga dapat terdokumentasi dengan baik. “Nantinua pada akhir tahun diadakan undian, untuk yang mempunyai tabungan sampah terbanyak akan mendapat door prise,” ujarnya. (wes/hmden)

Hosting Indonesia