Beranda Badung News Matangkan Teknis PPDB Tahun Ajaran 2024/2025, Disdikpora Badung Gelar Sosialisasi

Matangkan Teknis PPDB Tahun Ajaran 2024/2025, Disdikpora Badung Gelar Sosialisasi

Hosting Indonesia

bvn/kombad

SOSIALISASI PPDB – Disdikpora Badung kembali menggelar sosialisasi tentang petunjuk teknis PPDB tahun ajaran 2024/2025 kepada kepala sekolah jenjang pendidikan SD dan SMP negeri di Ruang Rapat Kriya Gosana Puspem Badung, Rabu (3/4/2024).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Guna mematangkan proses teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) kembali menggelar sosialisasi tentang petunjuk teknis PPDB Tahun Ajaran 2024/2025 kepada Kepala Sekolah jenjang Pendidikan SD dan SMP Negeri bertempat di Ruang Rapat Kriya Gosana Puspem Badung, Rabu (3/4/2024).

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Olahraga I Gusti Made Dwipayana, Kepala Bidang SMP Disdikpora Badung Rai Twistyanti Raharja, Kepala Bidang e-Government Diskominfo Badung I Ketut Alit Astamana, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Badung I Nyoman Wirnata serta kepala sekolah jenjang pendidikan SD dan SMP negeri se-Kabupaten Badung.

Penerimaan peserta didik baru dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan. PPDB bertujuan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi penduduk usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan sebaik-baiknya.

Ditemui di sela-sela acara sosialisasi, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga I Gusti Made Dwipayana menyampaikan, proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada tahun ini pelaksanaannya hampir sama dengan tahun sebelumnya. ”Secara prinsip pelaksanaan PPDB tahun ini tidak ada perubahan hampir sama dengan tahun lalu. Ada perubahan sedikit zona khususnya di daerah Abiansemal. SMP N 5 Abiansemal mempunyai kapasitas yang lebih besar sehingga zonanya sedikit berubah yang lainnya masih tetap sama,” ujar Dwipayana.

Baca Juga  Golkan RUU Provinsi Bali, Gubernur Koster Gelar Rapat Konsultasi dan Koordinasi dengan NTB dan NTT

Lebih lanjut disampaikan, pelaksanaan proses input PPDB akan dimulai pada 16 Mei sampai 15 Juni tahun 2024. Sejumlah jalur diterapkan pada proses PPDB ini di antaranya jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, kebencanaan serta jalur prestasi. “Untuk siswa baru yang mengikuti PPDB kalau memiliki prestasi silakan gunakan jalur prestasi, jalur umum zonasi silakan gunakan jalur zonasi, ikuti semua prosesnya, ikuti jadwal yang diberikan, jangan sampai terlambat,” terangnya.

Melalui sosialisasi ini, pihaknya berharap masyarakat dapat lebih awal tahu bagaimana mekanisme PPDB serta mengikuti prosesnya sesuai jadwal yang diberikan. “Jadi siswa diharapkan sudah mulai berproses untuk menginput data, jangan menunggu detik-detik akhir. Jadi upayakan siswa sudah memiliki akun terlebih dahulu sehingga tanggal 15 Juni prosesnya akan lebih cepat. Saya ingatkan kepada Bapak/Ibu para orang tua siswa, kalau ada kendala agar segera menghubungi pihak sekolah. Nanti biar sekolah yang membantu proses input data-data anak didik tersebut. Proses input PPDB tidak akan dipungut biaya,“ tegasnya. (sar/kombad)

Hosting Indonesia