Beranda Badung News Menhub Gelar Kunjungan Kerja ke Bali, Sekda Hadiri Rakor Pengamanan Nataru

Menhub Gelar Kunjungan Kerja ke Bali, Sekda Hadiri Rakor Pengamanan Nataru

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

RAKOR – Sekda Adi Arnawa saat menghadiri kunjungan kerja Menhub Budi Karya Sumadi dalam rangka Rakor Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 di Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV I Gusti Ngurah Rai, Minggu (31/12).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Sekda Adi Arnawa mewakili Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menghadiri kunjungan kerja Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam rangka Rapat Koordinasi Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 bertempat di Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV I Gusti Ngurah Rai, Minggu (31/12). Turut hadir Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Dirut PT Angkasa Pura, Dirjen Angkutan Darat, Dirjen Perkeretaapian, Dirjen Angkutan Udara, Jasa Marga, Kapolres Badung, Kapolres Bandara, Kapolresta Denpasar, Direktur Damri, serta stakeholder terkait lainnya.

Sekda Adi Arnawa menyampaikan terima kasih apresiasi atas atensi serta gerak cepat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pascakejadian tanggal 29 Desember 2023. Kejadian tersebut sebagai akumulasi yang diakibatkan oleh belum siapnya infrastruktur yang memadai menghadapi kunjungan wisatawan yang sangat membludak. “Saya senang sekali karena dalam perencanaan jangka panjang, jangka menengah dalam kurun waktu 3-4 tahun ke depan sesuai dengan beberapa kebijakan yang sudah pernah dibahas yang akan dilaksanakan di Bali khususnya di Badung, melihat kondisi ini sudah kita antisipasi di daerah sesuai dengan kewenangan kami. Saat ini sedang dilakukan pembebasan lahan di beberapa titik seperti simpang Mc.Donald menuju Nusa Dua, dengan harapan di tahun 2025 itu sudah jadi program nasional. Di tahun 2024, kami juga akan melaksanakan pembebasan lahan untuk membuat jalan lingkar selatan sebagai upaya mengatasi kemacetan seputaran Uluwatu melalui Ayana,” ujarnya.

Baca Juga  Bersama Puskesmas Kintamani V, FK Unud Gelar Pengabdian Masyarakat

Untuk mengatasi hal tersebut, dalam jangka pendek perlu dilakukan langkah-langkah kongkret. Mendorong dengan berkoordinasi dengan instansi terkait agar Jalan Gatot Subroto Barat bisa untuk memecah kemacetan menuju arah Canggu agar pembangunannya bisa dilanjutkan. “Mengantisipasi masuknya mobil-mobil dari luar daerah dengan menyiapkan suatu opsi dan kita harus mampu menyediakan transportasi publik yang memadai,” tambah Adi Arnawa.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengapresiasi pemerintah daerah, Kepolisian Daerah dan semua stakeholder terkait yang sudah memberikan layanan dengan baik kepada masyarakat dan khususnya para wisatawan, namun dengan adanya stagnasi yang terjadi pada 29 Desember 2023, patut ada evaluasi.

“Patut kita lakukan evaluasi, patut juga memberikan rencana-rencana masing-masing pihak. Kita harus pastikan bahwa  apa yang kita lakukan adalah hal yang terbaik dan tidak menimbulkan stagnasi. Suatu stagnasi viral yang akan bisa memberikan beban pada produksi pariwisata Indonesia dan khususnya Bali dan akhirnya mengurangi minat wisatawan datang ke Bali. Oleh karena itu, pemerintah pusat punya rencana jangka panjang untuk Bali yaitu membuat angkutan masal perkotaan yang lebih baik dengan teknologi baru yaitu LRT,” jelasnya. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia