Beranda Badung News P4S Mimba Farm Lepas Mahasiswa FTP Unud Program Magang MBKM Periode I...

P4S Mimba Farm Lepas Mahasiswa FTP Unud Program Magang MBKM Periode I Tahun 2022

Hosting Indonesia

hm-unud

DILEPAS – Pelepasan mahasiswa FTP Unud yang mengikuti program magang MBKM periode I tahun 2022.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Mahasiswa Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) melaksanakan program magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang bersinergi dengan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Mimba Farm Petani Muda Keren.

Magang MBKM merupakan terobosan dari program yang dirancang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Program Magang MBKM terdapat beberapa pilihan yaitu magang yang diselenggarakan oleh Dikti dan magang yang diselenggarakan oleh universitas. Magang MBKM FTP Universitas Udayana berlangsung selama 1 semester dan diakui setara dengan 20 SKS.

Kegiatan diskusi dan evaluasi dalam rangka berakhirnya kegiatan magang MBKM mahasiswa serta pelepasan mahasiswa magang MBKM FTP Unud di P4S PMK Mimba Farm telah dilaksanakan pada Minggu (17/4/2022). Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc.,Ph.D., beserta Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Ir. I Made Supartha Utama, M.S., Ph.D. dan jajaran dosen Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem turut hadir. Ketua Forum Petani Muda Keren (PMK) AA Gede Agung Wedhatama dan Ketua P4S Mimba Farm I Wayan Mudita turut hadir selaku tuan rumah.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di P4S PMK Mimba Farm adalah melakukan budidaya dengan sistem hidroponik  sampai dengan pascapanen dan pemasaran produk. Mahasiswa yang melakukan program magang juga secara tidak langsng diajarkan untuk melatih diri sendiri dalam memunculkan ide-ide kreatif serta memiliki tanggung jawab sebagai bekal dalam menjelajahi dunia kerja.

Baca Juga  Belanja Operasi Rp2,5 Triliun, Putu Parwata Pastikan Kewajiban kepada Pegawai Aman

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc.,Ph.D menjelaskan, tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan dan mendorong mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan kemampuan yang luas sehingga siap untuk terjun dalam dunia kerja. Selain itu, program ini juga bermanfaat bagi mahasiswa karena mendapatkan kesempatan serta pengalaman belajar di luar program studi dan mahasiswa dapat memilih sektor industri sesuai dengan minat dan bakatnya. Magang MBKM ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa. Mahasiswa dipacu untuk memiliki pemikiran yang kreatif, inovatif dan kritis dalam berkarya khususnya dalam pengaplikasian teknologi pertanian pada sektor pertanian. (sar/hm-unud)

Sumber: http://www.unud.ac.id

Hosting Indonesia