Beranda Denpasar News Pemkot Denpasar Kembali Adakan Sekolah PKH Bagi 100 KPM

Pemkot Denpasar Kembali Adakan Sekolah PKH Bagi 100 KPM

Hosting Indonesia

bvn/hmden

PELATIHAN PKH – Dinas Sosial Kota Denpasar kembali menggelar Pelatihan Progam Keluarga Harapan (PKH) bagi 100 orang warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Graha Nawasena, Selasa (30/4).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Sosial, kembali menggelar Pelatihan Progam Keluarga Harapan (PKH), bagi 100 orang warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Graha Nawasena, Selasa (30/4). Pelatihan ini dicetuskan guna membekali keterampilan bagi para warga tersebut sehingga bisa mencapai kemandirian ekonomi yang lebih optimal.

Ketua K3S Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, didampingi Wakil Ketua K3S Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana hadir di tengah ratusan peserta pelatihan, untuk meninjau pelaksanaan kegiatan tersebut.

Adapun pelatihan yang dimaksud, meliputi pelatihan pembuatan salad buah, pembuatan kue bolu kukus dan juga kue apem gula merah yang sepenuhnya dipandu oleh Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Nusakara.

“Kita perlu mengapresiasi pelatihan PKH ini sebagai sebuah sekolah informal bagi warga penerima manfaat. Pelatihan kemampuan ini nantinya kita harapkan akan mampu memberikan bekal bagi warga DTKS untuk pengembangan ekonomi keluarga,” ujar Ny. Antari Jaya Negara.

Lebih dari itu, Antari Jaya Negara juga menyampaikan harapan lainnya, yakni usai mengikuti pelatihan ini para peserta tetap akan mendapatkan pengawalan dalam pengembangan produk dan juga pemasarannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinsos Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty menyebut, pelatihan PKH ini adalah yang keempat kalinya digelar oleh Pemkot Denpasar sejak tahun 2022 lalu. Dalam pelaksanaannya, pihak Dinsos Kota Denpasar bekerja sama dengan beberapa pihak, antara lain OJK Provinsi Bali, PT Penanaman Nasional Madani, dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga  Isolasi Terpusat Alami Kendala, 40 Persen Warga Positif Covid-19 di Denpasar Ber-KTP Luar Denpasar

“Tahun 2024 ini materi yang kami berikan adalah pelatihan membuat kue bagi 100 orang warga KPM PKH yang berasal dari seluruh kecamatan di Kota Denpasar. Secara keseluruhan, peserta yang ikut adalah wanita,” katanya.

Laxmy juga mengatakan, tujuan dilaksanakannya program pelatihan ini adalah untuk meningkatkan taraf hidup dan mata pencarian para penerima manfaat, melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Salah seorang peserta, Komang Wiryani yang berasal dari Kecamatan Utara mengaku senang dirinya dapat terlibat dalam program pelatihan ini. Wiryani yang kesehariannya merupakan pedagang mengemukakan, lewat program ini dia menjadi tahu bagaimana proses membuat kue dengan komposisi dan langkah yang tepat. Nantinya dia berharap, resep kue yang dipelajari akan bisa dipraktikkan dan hasilnya akan dijual.

Matur suksma Pemkot Denpasar atas penyelenggaraan program pelatihan ini. Mudah-mudahan ke depannya pembekalan lainnya yang terkait peningkatan perekonomian akan terus berlanjut,” ucapnya. (wes/hmden)

Hosting Indonesia