Beranda Another Region News PLN Sukses Hadirkan Listrik Aman Selama Masa Libur Idulfitri 2024 di Bali

PLN Sukses Hadirkan Listrik Aman Selama Masa Libur Idulfitri 2024 di Bali

Hosting Indonesia

bvn/hmpln

PASTIKAN KESIAPAN – General Manager PT PLN (Persero) UID Bali I Wayan Udayana memastikan kesiapan peralatan pada siaga kelistrikan Idulfitri 1445 H.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

PT PLN (Persero) sukses dalam mengawal kelistrikan selama libur Lebaran 2024. Listrik dihadirkan dengan keandalan yang mumpuni tanpa padam selama masa siaga sejak tanggal 3 April 2024 sampai tanggal 19 April 2024. Kesuksesan ini tak lepas dari petugas, dukungan stakeholder, semua pelanggan PLN dan berbagai lapisan masyarakat dalam menjaga keandalan pasokan listrik.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana mengatakan, untuk menghadirkan listrik yang andal PLN memastikan pasokan listrik aman dengan turut menghadirkan personel serta peralatan dan armada yang memadai. Pada masa siaga kali ini, PLN mempersiapkan 657 personel di 69 titik posko siaga dan 3 posko mudik Lebaran yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali.

Selain itu, 41 unit uninterruptible power supply (UPS), 29 unit gardu bergerak (UGB), 26 unit kabel bergerak (UKB), serta 19 unit genset, dan kendaraan pendukung termasuk kendaraan pelayanan teknik dan kendaraan pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB), serta material cadangan mendukung keandalan selama masa siaga berlangsung.

Di samping itu, ketersediaan pasokan listrik juga terbukti aman, dengan daya mampu di sub sistem Bali pada saat siaga mulai tanggal 3 April sampai dengan 19 April 2024 sebesar 1.371 mega watt (MW), beban puncak tertinggi mencapai 1051,9 MW, sehingga masih terdapat cadangan listrik sebesar 319,1 MW.

Dibandingkan dengan periode tahun 2023, masa libur Idulfitri 2024, terdapat peningkatan beban hingga 12,59 persen. Tak hanya itu, demi mendukung pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, PLN juga memastikan 76 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 30 lokasi di Bali telah beroperasi dengan baik. Aplikasi PLN Mobile juga turut dipastikan dapat memberikan kemudahan bagi pengendara untuk mengecek lokasi SPKLU.

Baca Juga  PLN Journalist Award Kembali Dibuka, Mengulik Transisi Energi dari Sudut Pandang Jurnalis

Tentu saja pasokan listrik di lokasi prioritas antara lain pelabuhan, bandara, terminal, rumah sakit, serta objek vital lainnya selalu dipastikan keandalan dan keamanannya.

Handy Heryudhitiawan, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder atas kerja samanya dalam memastikan penyelenggaraan Idulfitri 1445 H aman dan lancar. Dirinya menyampaikan, selama masa pelayanan posko terpadu Idulfitri, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencatatkan peningkatan jumlah penumpang hingga 6 persen dari jumlah pelayanan penumpang di tahun 2023. (sar/hmpln)

Hosting Indonesia