Beranda Badung News Program Profesi Insinyur Pascasarjana Unud Sosialisasikan Studi Kelayakan dan Amdal Rencana Pembangunan...

Program Profesi Insinyur Pascasarjana Unud Sosialisasikan Studi Kelayakan dan Amdal Rencana Pembangunan Jalan Lingkar Barat Jimbaran

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

STUDI KELAYAKAN – Program Profesi Insinyur Pascasarjkana Unud menggelar sosialisasi studi kelayakan dan amdal rencana jalan lingkar barat Jimbaran.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Pada Jumat, 24 November 2023 bertempat di LPD Desa Adat Jimbaran, Kuta Selatan Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) melakukan sosialisasi dan konsultasi publik terkait dengan feasibility study (FS) dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) Rencana Pembangunan Jalan Lingkar Barat Jimbaran. Kegiatan ini merupakan tahap lanjutan dari implementasi kerja sama antara PSPPI Pascasarjana Unud dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung. 

Konsultasi publik ini dilakukan dalam rangka sosialisasi rencana PUPR Badung untuk membuat jalan lingkar Jimbaran, yaitu menghubungkan Jalan Bukit Permai dengan Jalan Pantai Jimbaran. Jalan ini pada awalnya merupakan usulan dari masyarakat desa adat setempat untuk mengurai kemacetan di Jalan Uluwatu Jimbaran terutama ketika ada Upacara Melasti. Masukan dari masyarakat ini mendorong PUPR Badung untuk membuat kajian studi kelayakan dengan bekerja sama dengan PSPPI Pascasarjana Unud.

Konsultasi publik ini merupakan pertemuan pertama dengan mengundang beberapa pihak antara lain masyarakat desa adat, pihak hotel yang terkena dampak dan beberapa instansi terkait. PSPPI Pascasarjana Unud mengusulkan alternatif jalan bawah (subway) agar tidak mengganggu pantai yang digunakan oleh usaha penduduk setempat yang mayoritas memiliki restoran ikan bakar yaitu di Kawasan Café 19 di Jalan Bukit Permai dan Café 9 di Jalan Pemelisan Agung.

Usulan ini disambut baik oleh masyarakat Desa Adat Jimbaran. AA Bagus Mutiara, Ketua Panitia Penataan Pesisir Pantai dan Pembuatan Akses Jalan Sepanjang Pantai Jimbaran, menuturkan sangat mengapresiasi PSPPI Pascasarjana Unud dan Dinas PUPR Badung dalam usaha merealisasikan pembuatan jalan yang diyakini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Jimbaran. Konsultasi publik ini kemudian ditutup dengan survei bersama ke lokasi titik awal jalan subway Jimbaran agar bisa mengakomodasi seluruh stakeholder. (sar/jubir-unud)

Baca Juga  Wabup Suiasa Kunjungi Masyarakat Terkena Musibah

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4077-Program-Profesi-Insinyur-Pascasarjana-Unud-Sosialisasikan-Studi-Kelayakan-dan-AMDAL-Rencana-Pembangunan-Jalan-Lingkar-Barat-Jimbaran.html

Hosting Indonesia