Beranda Badung News Rektor Unud Apresiasi Fakultas Pertanian Terdepan Dalam Pengembangan SDM

Rektor Unud Apresiasi Fakultas Pertanian Terdepan Dalam Pengembangan SDM

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

HUT KE-56 FP – Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara menghadiri HUT ke-56 Fakultas Pertanian dan Badan Kekeluargaan ke-45 di Ruang Terbuka Hijau, Kampus Unud Jalan PB Sudirman Denpasar.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Rektor Universitas Udayana (Unud) Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU menyatakan salut atas semangat dan motivasi tinggi kalangan dosen Fakultas Pertanian dalam meningkatkan kualitas dirinya. Kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki FP Unud sangat mumpuni, sehingga sebagai salah satu fakultas tertua di Unud, FP selalu terdepan dalam pengembangan karir para dosennya.

“FP Unud memiliki SDM yang luar biasa, ketika Fakultas Teknik belum memiliki seorang guru besar, FP sudah bertaburan,” kata Prof. Antara kala menghadiri acara puncak peringatan HUT ke-56 FP Unud dan Badan Kekeluargaan ke-45 di Ruang Terbuka Hijau, Kampus Unud Jalan PB Sudirman Denpasar.

Prof. Antara mengingatkan, agar pimpinan Fakultas Pertanian mampu mengelola SDM yang berlimpah sehingga kolaborasi dan kontribusi masing-masing SDM mampu mendorong percepatan pemajuan FP dan Unud pada umumnya. “Yuk keluar dari zone nyaman, jangan terlena atas kemapanan. Tantang diri kita masing-masing agar mampu mengeluarkan kemampuan terbaik dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi,” ajak Guru Besar Fakultas Teknik itu memompa semangat civitas akademika.

Prof. Antara yakin peluang akademisi, mahasiswa maupun pegawai Fakultas Pertanian selalu terbuka. Alasannya, sepanjang umat manusia masih makan nasi, dan mengkonsumsi buah-buahan maupun sayur, akademis pertanian selayaknya tertantang mengembangkan kapasitas diri. Ahli pertanian yang berkompetensi tinggi akan mampu berkontribusi positif terhadap pembangunan wilayah dan keilmuan (konsep dan teori) di bidang pertanian.

Rektor Prof. Antara juga menyatakan rasa bangga ketika mengetahui FP Unud menjadi magnet penting untuk mendatangkan mahasiswa mengikuti perkuliahan di Unud. “Informasi yang disampaikan pak Dekan, mahasiswa FP Unud datang dari pelosok Indonesia, hampir semua pulau terwakili, ya?” ucapnya disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Baca Juga  Update Covid-19 Badung, Kasus Positif Baru Bertambah 18 Orang

Keberadaan mahasiswa dari berbagai daerah tersebut sepatunya direspons dengan kualitas layanan yang baik. Untuk itu, seluruh pelaksanaan perkuliahan S1 dan S0 di FP Unud harus dipusatkan di Kampus Bukit. Pengelolaan Fakultas Pertanian ke depannya, kata Prof. Antara, tidak bisa lagi dilaksanakan mendua yakni sebagian di Kampus Bukit dan sebagian di Kampus Sudirman.

Rektor Prof. Antara menyarankan semua aktivitas perkuliahan di Kampus Bukit Jimbaran namun dosen dan mahasiswa diminta maklum atas peningkatan fasilitas yang belum tuntas. Pihaknya merencanakan membagun 361 ruang kelas atau lecture building bagi mahasiswa S1 dan S0 seluruh fakultas di Unud. Ke depan, tidak ada ruang kuliah di sekitar kantor dekanat fakultas yang ada sekarang karena perkuliahan akan terpusat sehingga mahasiswa dari berbagai fakultas berbaur dalam satu lokasi.

Selain itu, Prof. Antara meminta civitas akademika bekerja keras meningkatkan ranking Unud di tingkat internasional. “Jika semua civitas akademika bergerak untuk meningkatkan kinerja kelembagaan Unud, siapa tahu nanti ranking Unud tidak lagi di 550 dunia, tetapi menjadi lebih kecil. Misalnya, ranking 300, 200 atau 150 dunia,” harap figur publik yang murah senyum itu.

Acara tersebut dihadiri ratusan civitas akademika FP Unud tersebut. Sejumlah guru besar hadir terutama yang mengemban jabatan, seperti Dekan FP Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, MM, WD I Prof. Dr. Ir. Ni Luh Kartini, MS,  WD II Prof. Ir. I Gusti Agung Ayu Ambarawati, M.Ec, Ph.D, dan WD III Dr. Ir. I Wayan Diara, MS. Hadir pula ketua panitia HUT ke-56 yakni Dr. Dewa Ayu Sri Yudhari, SP, M.Agb bersama jajaran kepanitiaan yang menjadi tulang punggung kemeriahan HUT ke-56 FP Unud.

Baca Juga  Sanggar Selendro Agung Duta Badung, Bawakan Garapan Kolaborasi dengan Wayang Inovatif

Dekan FP Unud Prof. Ustriyana menyatakan, pihaknya sudah siap menuju internasionalisasi. Ustriyana yang akan mengakhiri masa jabatan September 2023 meyakini dekan baru FP Unud mampu mengemban amanat rektor tersebut. Pada acara kekeluargaan Prof. Antara dan Prof. Ustriyana berbaur dengan dosen, pegawai maupun mahasiswa mulai jalan santai, dan menari “FlashMob FP Unud terhebat”. Flashmob ini digagas dan dipersiapkan dosen pembina kegiatan kemahasiswaan Ni Wayan Sri Sutari, SP, MP.

Ketua Panitia HUT ke-56 FP Dr. Yudhari menjelaskan, perayaan HUTberlangsung sejak Agustus 2023 dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan meliputi ilmiah dan non-ilmiah. Kegiatan ilmiah berupa dosen tamu, workshop, maupun seminar internasional, sedangkan non-ilmiah berupa pengabdian, upacara bendera, sembahyang bersama dan badan kekeluargaan. (sar/jubir-unud)

Sumber: http://www.unud.ac.id

Hosting Indonesia