Beranda Badung News Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Melaspas, Ngelinggihang di Pura Puseh Bongan Cemagi...

Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Melaspas, Ngelinggihang di Pura Puseh Bongan Cemagi Mengwi

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

MELASPAS – Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menghadiri Karya Melaspas, Ngelinggihang di Pura Puseh Bongan dan Pura Ibu/Panti Arya Kenceng Tegeh Kori Agung, Banjar Petapan Cemagi, Kecamatan Mengwi, Rabu (6/12).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri Karya Melaspas, Ngelinggihang di Pura Puseh Bongan dan Pura Ibu/Panti Arya Kenceng Tegeh Kori Agung, setelah rampungnya bangunan fisik yang dibantu dana BKK Pemerintah Kabupaten Badung Tahun 2023 Rp 2.747. 287.000, Banjar Petapan Cemagi, Kecamatan Mengwi, Rabu (6/12). Turut hadir dalam kesempatan ini, anggota DPRD Badung I Wayan Adi Sanjaya, perwakilan Camat Mengwi serta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Perbekel Desa Cemagi I Putu Hendra Sastrawan, serta tokoh masyarakat setempat.

Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menyampaikan rasa syukur dan bahagia bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Banjar Petapan dalam melaksanakan upacara Melaspas dan Ngelinggihang di Pura Puseh Bongan dan Pura Ibu/Panti Arya Kenceng Tegeh Kori Agung ini. ”Saya berharap upacara ini bisa berjalan lancar karena ini adalah satu wujud ungkapan terima kasih kita kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Melalui kegiatan Karya ini juga semoga kita selalu dianugerahi kesehatan dan kerahayuan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa. Saya minta juga untuk selalu menjaga persatuan dan keamanan karena Desa Cemagi sudah masuk daerah pariwisata. Maka dari itu, keamanan menjadi mutlak diperlukan untuk membuat tamu yang datang merasa nyaman dan betah datang ke Kabupaten Badung,” ujarnya.

Sekda Adi Arnawa menyampaikan, pihaknya selalu berkomitmen untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam kegiatan adat, agama, seni, dan budaya. Untuk itu pemerintah akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban masyarakat. Mudah-mudahan dengan kegiatan upacara ini juga salah satunya untuk menarik para wisatawan baik lokal maupun internasional datang ke Bali khususnya ke Kabupaten Badung. “Karena bagaimana pun, PAD di Kabupaten Badung salah satunya bersumber dari sektor pariwisata,” imbuhnya.

Baca Juga  Bahas Peluang Kerja Sama, Rektor Universitas Timor Leste Kunjungi Pascasarjana Unud

Manggala Karya Gusti Putu Senti mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Sekda Badung bersama undangan lainnya saat masyarakat Banjar Petapan melaksanakan upacara Melaspas, Ngelinggihang. Upacara ini dilaksanakan setelah rampungnya bangunan pura yang diperbaiki yang dananya berasal dari dana BKK Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Badung Rp 2.747.287.000.

“Untuk karya biayanya berasal dari swadaya krama setempat. Adapun bangunan yang kami perbaiki di antaranya kori agung, penyengker, balai gendongan, apit surang di jaba sisi, dan apit surang alit di sisi kaja kangin dan untuk bangunan di luar itu ada yang kami perbaiki dananya dari swadaya dan kas pura setempat yang kami gunakan. Upacara di pura ini dilaksanakan setiap 6 bulan sekali dan pembiayaannya secara swadaya masyarakat pengempon,” jelasnya. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia