Beranda Badung News Sekda Adi Arnawa Hadiri Ngeratep Pelawatan Pura Dalem Salunding Kapal

Sekda Adi Arnawa Hadiri Ngeratep Pelawatan Pura Dalem Salunding Kapal

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

NGERATEP PELAWATAN – Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri Upacara Ngeratep Pelawatan di Pura Dalem Salunding, Br. Tambak Sari, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Minggu (24/12).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri upacara ngeratep pelawatan di Pura Dalem Salunding, Br. Tambak Sari, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Minggu (24/12). Upacara Ngeratep juga dihadiri anggota DPRD Badung I Made Suwardana, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Lurah Kapal I Nyoman Adi Setiawan, Penglingsir Puri Muncan Kapal serta tokoh masyarakat setempat. Untuk perbaikan/ngodak pelawatan mendapat bantuan dari Pemkab Badung Rp 400 juta, dan Sekda Adi Arnawa membantu secara pribadi pelaksanaan upacara Rp 5 juta.

Lebih lanjut Adi Arnawa mengharapkan, masyarakat harus tetap bersatu, sehingga kondisi keamanan dan kenyamanan dapat terjaga dengan baik terlebih menjelang pesta demokrasi pemilu yang akan datang. Ditambahkan, sebagai daerah pariwisata, keamanan menjadi faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Untuk itu kembali diminta masyarakat bersatu, tetap menjaga kelestarian adat, agama, seni dan budaya termasuk sektor pertanian sebagai sebagai penunjang sektor pariwisata.

Manggala Karya Putu Muliarta mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan kepada krama pengempon untuk perbaikan pelawatan di Pura Dalem Salunding. Keberadaan Pura Dalem Salunding sesuai Purana tahun 1471 terdapat beberapa pelinggih seperti pelinggih Betara Dalem Salunding, Pelinggih Ratu Nyoman Sakti, Pelinggih Pelawatan Ida Ratu Mas, Ida Ratu Ngurah, Ida Ratu Ayu Manik Gangga, Pelinggih Tiga Saksi dan Taman Beji.

Sementara mengenai perbaikan pelawatan Ida Betara sudah menjadi kesepakatan krama pengempon. Upacara ngodak pelawatan dimulai pada 18 Oktober lalu dengan nunas ica perbaikan pralingga dan pada tanggal 21 Oktober nebas pelawatan. Setelah selesai dilaksanakan upacara ngeratep, dilanjutkan melasti ke segara pada 25 Desember, pemelaspas saat Purnama tanggal 27 Desember dan terakhir nyineb tanggal 30 Desember 2023. (gie/hmbad)

Baca Juga  Rayakan HUT Ke-12, Hima Administrasi Publik FISIP Unud Gelar Badan Kekeluargaan dan Donor Darah
Hosting Indonesia