Beranda Bali News Senat Mahasiswa FIB Unud Gelar Pembukaan Reinkarnasi Budaya IX Tahun 2021

Senat Mahasiswa FIB Unud Gelar Pembukaan Reinkarnasi Budaya IX Tahun 2021

Hosting Indonesia

ist

BINCANG BUDAYA – Wagub Cok. Ace tampil dalam Bincang Budaya yang digelar Senat Mahasiswa FIB Unud, Sabtu (27/11/2021).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud menggelar kegiatan Reinkarnasi Budaya IX Tahun 2021. Pembukaan kegiatan ini dilangsungkan di Auditorium Widya Sabha Mandala, Gedung Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana, pada Sabtu, 27 November 2021. Hadir dalam pembukaan Reinkarnasi Budaya ini Dekan Fakultas Ilmu Budaya yang diwakili Wakil Dekan 1, Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa, Ketua Senat Mahasiswa FIB, Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi di lingkungan FIB. Tema kegiatan tahun ini adala “Atmaning Buddhayah Adinegara”.

I Nyomana Erlangga sebagai ketua panitia dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Reinkarnasi Budaya bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum mengenai pentingnya pengajaran tentang kebudayaan dan sastra serta mendorong semangat generasi muda untuk melestarikan seni, sastra dan budaya di Bali. Pada kesempatan ini, Erlangga menyampaikan, persiapan kegiatan Reinkarnasai Budaya telah dilakukan selama kurang lebih enam bulan lama.

Sementara itu, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, menyampaikan tahun 2021 merupakan tahun yang cukup istimewa karena semua masyarakat masih sama-sama berjuang di tengah pandemi yang masih melanda. Ketua Senat Mahasiswa juga memberikan apresiasinya kepada seluruh panitia Reinkarnasi Budaya karena telah mau berjuang untuk membantu kelancaran acara ini. Ia juga mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk mahasiswa dalam menuangkan kreativitasnya guna melestarikan seni, sastra dan budaya di Bali.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Budaya, I Nyoman Aryawibawa, S.S.,M.A.,Ph.D dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan juga apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan acara Reinkarnasi Budaya ini. Aryawibawa juga berharap Reinkarnasi Budaya ini bisa menjadi sebuah ajang yang mampu membawa nama besar Fakultas Ilmu Budaya ini menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Baca Juga  Peringati Hari Baden Powell Ke-164, Ketua Kwarda Bali Ajak Pramuka Bangun “Sense of Crisis”

“Reinkarnasi Budaya ini ke depannya tentu kita harapkan semakin baik lagi sehingga kegiatan ini dapat menjadi ruang bagi mahasiswa dalam mengembangkan soft skill. Reinkarnasi Budaya juga pastinya akan membawa nama baik FIB jika semakin baik penyelenggaraannya,” ungkap Aryawibawa, Ph.D.

Setelah kegiatan pembukaan, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Bincang Budaya “Nala Cintya Mani #4”. Bincang Budaya tahun ini mengambil tema “Pariwisata Bali Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal”. Bincang Budaya kali ini menghadirkan empat orang narasumber yakni Wakil Gubernur Bali, Prof. Dr. Ir. Tjokorda Artha Ardhana Sukawati, M.Si, Dr. Nararya Narottama, SE.M.Par,M. Rech sebagai tokoh akademisi pariwisata, Putu Eka Guna Yasa, S.S,M.Hum sebagai tokoh akademisi kebudayaan serta Dr. Anak Agung Gede Agung Rahma Putra, S.Sn.,M.Sn sebagai tokoh masyarakat.

Di pengujung acara bincang budaya, keempat narasumber menerima piagam penghargaan dari panitia Reinkarnasi Budaya yang diserahkan langsung oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. (sar/hm-unud)

Hosting Indonesia