Beranda Badung News Tingkatkan Pendidikan Politik, Himapol Udayana Adakan Pengabdian Masyarakat

Tingkatkan Pendidikan Politik, Himapol Udayana Adakan Pengabdian Masyarakat

0
Hosting Indonesia

bvn/hm-unud

Himapol Udayana gelar pengabdian masyarakat di Desa Kapal, Mengwi, Badung.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Dalam rangka membantu meningkatkan pendidikan politik di masyarakat, Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Udayana mengadakan kegiatan pengabdian sekaligus sosialisasi yang berlokasi di Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung, Minggu (1/05/2022).

Pengabdian tersebut dilaksanakan selama dua hari, yang diawali dengan kegiatan membersihkan lingkungan di area Pura Sada, Desa Kapal pada Jumat, tanggal 29 April 2022. Kemudian dilanjutkan pada Sabtu, tanggal 30 April 2022 dengan kegiatan sosialisasi pemilih pemula yang mengundang sekeha teruna teruni dan siswa-siswi SMA se-Desa Kapal sebagai peserta.

Berkaitan dengan pemilu dan pemilihan 2024 semakin dekat, sosialisasi pemilih pemula tersebut dilaksanakan dengan menghadirkan langsung Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya, ST.,MH., serta dosen Ilmu politik, Efatha Filomeno Borromeu Duarte, S.IP., M.Sos., selaku pembicara.

Sosialisasi yang bertempat di wantilan Desa Kapal dibuka oleh Lurah Desa Kapal, I Nyoman Sudiarta, SE., bersama dengan Bendesa Adat, Petajuh Desa Adat, Pecalang dan Babinsa. Turut hadir pula, I Made Anom Wiranata, S.IP, M.A. selaku Wakil Dekan III FISIP Udayana, Dr. Tedi Erviantono, S.IP.,M.Si. selaku Koordinator Program Studi Ilmu Politik Universitas Udayana, serta perwakilan organisasi mahasiswa di lingkungan FISIP, Universitas Udayana.

Terdapat beberapa hal yang menjadi pembahasan, seperti pemutakhiran data pemilih, hoaks politik, isu agama, fenomena post-truth dalam politik hingga potensi generasi milenial dalam dunia politik. Antusiasme para peserta terlihat dalam banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan mengenai berbagai isu dalam sesi diskusi yang dipandu oleh salah satu mahasiswa ilmu politik, Universitas Udayana.

Kegiatan sosialisasi ditutup dengan penyerahan plakat panitia kepada pihak Desa Kapal dan sesi foto bersama. Hal tersebut juga sekaligus menjadi kegiatan penutup dari kegiatan pengabdian masyarakat. Dengan acara ini, diharapkan mampu membangkitkan semangat generasi milenial untuk terjun ke ranah politik, serta membantu meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pemilu dan pemilihan 2024 nanti. (sar/hm-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas976-Tingkatkan-Pendidikan-Politik-Himapol-Udayana-Adakan-Pengabdian-Masyarakat.html

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaTim FKH Melaju Sampai 16 Besar pada Seleksi Internal Debat Bahasa Indonesia 2022 Tingkat Universitas Udayana
Artikel berikutnyaSekda Badung Adi Arnawa Terima Audiensi Pengurus Pendidik TK Se-Kabupaten Badung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here