Beranda Badung News Unud Gelar Pencanangan ZI WBK Fakultas dan Pascasarjana, Dirangkaikan Refleksi Akhir Tahun...

Unud Gelar Pencanangan ZI WBK Fakultas dan Pascasarjana, Dirangkaikan Refleksi Akhir Tahun 2023

bvn/jubir-unud

CANANGKAN ZI WBK – Unud menggelar pencananganan ZI WBK fakultas dan pascasarjana dirangkaikan dengan refleksi 2023.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Universitas Udayana (Unud) menggelar acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas  Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) di Fakultas dan Pascasarjana di lingkungan Universitas Udayana yang dirangkaikan dengan kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2023, Jumat (29/12/2023). Acara yang digelar di Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran ini dihadiri oleh Irjen Kemendikbudristek, Rektor dan Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris Senat, Ketua SPI, Pimpinan Fakultas dan Pascasarjana, Pimpinan Lembaga, Pimpinan Unit Kerja di lingkungan Universitas Udayana, dosen, mahasiswa dan pegawai serta turut hadir secara daring Plt Sesditjen Diktirisktek.

Pencanangan ZI WBK ini ditandai dengan pembacaan pakta integritas oleh pimpinan fakultas dan pascasarjana yang dipimpin langsung Rektor Unud kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan predikat ZI-WBK Taghun 2023 di tingkat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana oleh Irjen Kemendikbudristek didampingi Rektor Unud.

Rektor Unud Prof. Ngakan Putu Gede Suardana dalam sambutannya menyampaikan, dalam pemahaman yang sederhana, zona integritas (ZI) itu identik dengan isu reformarsi birokrasi guna mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima. Oleh karenanya, setiap institusi pemerintah sudah sepatutnya berkomitmen pada ZI, guna terhindar dari praktik korupsi. Bagi instansi yang benar-benar taat pada ZI, dapat diberikan penghargaan berupa predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Namun untuk mencapai predikat WBK dan WBBM bukanlah perkara mudah, karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui, antara lain pencanangan, pembangunan, pengusulan, penilaian, dan penetapan. Oleh karenanya, setiap instansi pemerintahan wajib memiliki pemahaman yang baik soal ZI, WBK, dan WBBM. Dengan demikian, kesadaran dan komitmen untuk mewujudkan  ZI, WBK, dan WBBM akan tumbuh dengan sendirinya.

Baca Juga  Mahasiswa Udayana Masuk Tim Developer Aplikasi E-commerce Perikanan “Fi$hku”

“Kegiatan Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di lingkungan Unud sebagai rangkaian agenda Refleksi Akhir Tahun 2023 Universitas Udayana. Mari kita maknai bahwa refleksi adalah proses berkaca atau melihat dan merenungkan berbagai hal yang sudah dilalui. Lalu apa saja hal yang sejatinya sudah kita lalui dalam kaitannya dengan isu reformasi birokrasi guna mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima,” ujar Rektor Unud.

Lebih lanjut disampaikan, Universitas Udayana telah berupaya untuk mewujudkan ekosistem pendidikan yang bermutu dan berintegrasi, mengintegrasikan lokasi dan sarana prasarana pendidikan, penguatan inovasi riset dan pengabdian,  penguatan tata kelola, penguatan kurikulum, penguatan kerjasama dan internasionalisasi, keterbukaan informasi publik, dan transformasi Universitas Udayana menuju PTNBH.

Plt Sesditjen Diktiristek Prof. Tjitjik Srie Tjahjandarie dalam arahannya menyampaikan, Dirjen Diktiristek menyampaikan apresiasi kepada Universitas Udayana yang terus menerus selalu membangun atau memulihkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap Unud melalui upaya-upaya kerja yang sangat sistematis yang kemudian ini membuktikan bahwa sebenarnya Unud berkomitmen terhadap integritas yang ada di seluruh lini yang ada di Unud dan juga komitmen terkait dengan tata kelola perguruan tinggi yang baik dan bersih tentunya.

Irjen Kemendikbudristek Dr. Chatarina Muliana Girsang, SH, SE, MH menyampaikan, penyiapan pembangunan zona integritas bagi seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbudristek termasuk PTN merupakan hal yang paling penting sehingga telah ditetapkan Kepmen No.228 Tahun 2023. Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan Rektor Unud dan jajaran saat ini, yakni sudah ada sekitar 20-an kampus PTN yang mencanangkan zona integritas untuk seluruh fakultas dan seluruh unit kerjanya sampai pascasarjana dan biro-bironya.

Baca Juga  Sosialisasikan Program Penanganan Covid-19, Badung Daerah yang lebih Cepat Eksekusi Bantuan Dibanding Daerah Lain

Dalam kegiatan refleksi yang dilakukan setelah pencanangan ZI WBK dilaksanakan penyerahan penghargaan bagi mahasiswa dan dosen berprestasi, penyerahan penghargaan kepada pemenang Liga Champion LPPM Unud, pengukuhan duta baca mahasiswa, tendik, dosen dan sahabat perpustakaan serta diakhiri dengan prosesi lepas Tahun 2023 dan sambut Tahun Baru 2024. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6217-Universitas-Udayana-Gelar-Pencanangan-ZI-WBK-Fakultas-dan-Pascasarjana-Dirangkaikan-Refleksi-Akhir-Tahun-2023.html

Hosting Indonesia