Beranda Budaya Walikota Jaya Negara Hadiri Upacara Mecaru dan Melaspas di Pura Kentel Gumi,...

Walikota Jaya Negara Hadiri Upacara Mecaru dan Melaspas di Pura Kentel Gumi, Banjar Tangtu

Hosting Indonesia

bvn/hmden

MELASPAS – Walikota GN Jaya Negara menghadiri mecaru dan melaspas di Pura Kentel Gumi Banjar Tangtu Denpasar, Sabtu (7/5/2022).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB Alit Wiradana serta sejumlah undangan lainnya menghadiri upacara Mecaru serta Melaspas Bale Kulkul, Melaspas Candi Bentar serta Melaspas Tembok Penyengker di Pura Kentel Gumi, Banjar Tangtu, Kesiman Kertalangu pada Rahina Saniscara Pon Gumbreg, Sabtu (7/5).

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara ditemui usai jalannya upacara menyebut, pelaksanaan upacara Dewa Yadnya di Pura Kentel Gumi, Banjar Tangtu ini sebagai landasan masyarakat dalam meningkatkan sradha bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. “Pelaksanaan upacara Dewa Yadnya ini bagi masyarakat untuk menggali dan meningkatkan nilai spiritual. Semoga Upacara Dewa Yadnya ini dapat memberi energi positif yang menetralisir hal-hal negatif untuk mencapai keseimbangan alam beserta isinya,” ujar Jaya Negara. Ditambahkan dengan semangat gotong royong semua pekerjaan yang berat dapat diselesaikan dengan baik.

Sementara Made Sudarsana, Kadus Banjar Tangtu mewakili panitia berterima kasih atas kehadiran Walikota dan Sekretaris Daerah Kota Denpasar beserta undangan lainnya sehingga upacara mecaru dan melaspas dapat berjalan dengan lancar.

“Mengenai pembangunan sejumlah pelinggih area di Pura Kentel Gumi ini sebenarnya telah direncanakan sejak tahun 2018 lalu dan dimulai pengerjaan nya pada 2019 namun sayangnya tertunda karena pandemi covid-19. Namun dengan semangat gotong-royong dan rasa tulus ikhlas warga kami untuk ngayah kepada Ida Sesuhunan di pura kami ini semua kendala itu dapat diatasi dan di tahun 2021 pembangunan pura ini dapat dilanjutkan dan selesai lalu dilaksanakan upacara secara lengkap pada hari ini.

Baca Juga  Ajak “Nandurin Karang Awak”, Rai Mantra Buka Literasi Perawatan dan Pelestarian Lontar

Untuk dana pembangunannya berasal dari sejumlah sumber seperti kas Banjar Tangtu, dana desa, CSR sejumlah perusahaan serta donatur. “Kami harap upacara mecaru dan melaspas di pura kami ini dapat memberikan kerahayuan bagi umat dalam menjalankan kewajiban sebagai umat beragama,” katanya. (sar/hmden)

Hosting Indonesia