Beranda Budaya Walikota Jaya Negara Hadiri Upacara Ngeratep, Melaspas lan Masupati Sesuhunan di Pura...

Walikota Jaya Negara Hadiri Upacara Ngeratep, Melaspas lan Masupati Sesuhunan di Pura Batan Camplung Sebudi

0
Hosting Indonesia

bvn/hmden

NGERATEP – Walikota IGN Jaya Negara bersama Wagub Cok. Ace dan Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede menghadiri Karya Ngeratep, Melaspas lan Masupati Sesuhunan di Pura Batan Camplung, Desa Adat Tanjungbungkak, Rabu (4/5).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Karya Ngeratep, Melaspas lan Masupati Sesuhunan di Pura Batan Camplung, Banjar Sebudi, Desa Adat Tanjungbungkak bertepatan dengan Buda Kliwon Wuku Gumbreg, Rabu (4/5). Upacara tersebut dilaksanakan setelah rangkaian ngodakin/perbaikan sesuhunan selesai dilaksanakan.

Hadir juga Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali, AA Ngurah Adhi Ardhana, anggota DPRD Provinsi Bali, AA Gede Agung Suyoga, serta undangan lainnya.

Manggala Karya, Jro Mangku Wayan Setiabudi mengatakan, upacara ini dilaksanakan setelah perbaikan dilaksanakan selama tiga bulan. Rangkaian diawali dengan upacara ngeratep, dilanjutkan dengan melaspas, ngurip, nuntun dan masupati. Pada malam harinya akan dilaksanakan Nyangcang Anggugah Taksu. “Harapan kami dengan dilaksanakannya upacara ini dapat mendukung eksistensi budaya serta seluruh krama diberikan anugerah kelesamatan dan kesejahteraan,” ujarnya

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara mengatakan, pelaksanaan Karya Ngeratep, Melaspas lan Masupati Pelawatan di Pura Batan Camplung, Banjar Sebudi ini diharapkan dapat terus meningkatkan sradha dan bhakti masyarakat, utamanya krama pengempon.

“Pelaksanaan Yadnya ini tentu sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat beragama. Diharapkan upacara yadnya ini dapat memberikan energi Dharma yang dapat memancarkan hal positif bagi jagat Bali, khususnya Kota Denpasar serta menetralisir hal- hal negatif melihat berbagai macam situasi yang terjadi dewasa ini demi terciptanya keseimbangan alam beserta isinya,” ujarnya.

“Ini adalah bagian dari dharmaning agama dan dharmaning negara. Tentunya kami berharap dengan upacara ini dapat memberikan manfaat baik secara sekala dan niskala bagi masyarakat dan umat,” imbuhnya. (wes/hmden)

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaKasus Meninggal dan Positif Covid-19 di Kota Denpasar Nihil, Kasus Sembuh Bertambah 1 Orang
Artikel berikutnyaSempat Viral, DAP Mengaku Diculik dan Percobaan Perkosaan hanya Rekayasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here