Beranda Badung News Wayan Suyasa Bantu Dana Rp 30 Juta Lomba Bapang Barong HUT Ke-45...

Wayan Suyasa Bantu Dana Rp 30 Juta Lomba Bapang Barong HUT Ke-45 ST Candra Aditya

Hosting Indonesia

bvn/r

LOMBA BAPANG BARONG – Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa, SH saat membuka Lomba Bapang Barong dan Makendang Tunggal serangkaian HUT ke-45 ST Candra Aditya di Wantilan Pura Dalem Jati, Sabtu (2/11/2023).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Wujud totalitas men-support kreativitas seni budaya kembali ditunjukkan Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa, Sabtu, 2 Desember 2023 memberikan dana Rp 30 juta dalam menyukseskan Lomba Bapang Barong dan Makendang serangkaian HUT ke-45 Sekeha Teruna (ST) Candra Aditya Banjar Sengguan, Desa Penarungan yang dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem Jati, Desa Adat Penarungan.

Kehadiran Wayan Suyasa turut didampingi Ketua Karang Taruna Desa Penarungan sekaligus caleg Golkar DPRD Badung Dapil Mengwi Putu Sika Adi Putra, Bandesa Adat Penarungan Made Widiada, Perbekel Penarungan Ni Wayan Kerni, Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Mangutama Badung Made Sugita, perwakilan Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung serta tokoh masyarakat lainnya.

Wayan Suyasa di hadapan para peserta lomba dan tokoh masyarakat yang hadir menyampaikan terima kasih diberikan undangan selaku tokoh masyarakat di Desa Penarungan dan sekaligus wakil rakyat di Kabupaten Badung menyatakan bergembira dan berbangga kepada generasi muda yang tergabung dalam Sekeha Teruna Candra Aditya Banjar Sengguan Desa Penarungan sudah menunjukkan kreativitas seni dalam menyambut hari jadinya yang ke-45.

“Ini merupakan inovasi, kreasi yang cukup inovatif dalam mempertahankan adat dan budaya dalam mengembangkan yang namanya inovasi dari generasi muda,” ucapnya.

WS begitu sapaan populer Wayan Suyasa juga mengingatkan tokoh-tokoh dan masyarakat khususnya yang ada di Desa Penarungan sudah sepatutnya saling mengapresiasi atau saling membanggakan. Karena bagaimana pun, jika berbicara Desa Penarungan semua elemen yang ada sudah bersatu baik dinas maupun adat hingga generasi muda melalui karang taruna dan sekaa teruna dalam mewujudkan kemajuan.

Baca Juga  Bupati Badung Ditunjuk sebagai Narasumber Perancangan Kebijakan Penganggaran Desa Wisata

“Dalam konteks kegiatan ada pemerintah dan wakil rakyat. Saya bisa duduk menjadi wakil rakyat di Kabupaten Badung karena masyarakat dan prajuru yang sudah memperhatikan masyarakat. Sangat luar biasa semua bersatu terlepas dari perbedaan pandang pilihan politik. Namun dalam hal ini semua dapat memberikan skala prioritas memberikan suara kepada tokoh yang ada dalam mewujudkan suatu figur yang kedepan bisa menuntun dan membantu masyarakat,” paparnya.

Wayan Suyasa kembali menyampaikan rasa bangganya Desa Wisata Penarungan masuk 15 besar sebagai desa wisata terbaik di Indonesia dari 2017 desa wisata yang ikut berkompetisi dalam Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023. “Kita harus berbangga. Di Provinsi Bali Desa Penarungan yang mewakili di kancah nasional ini,” tegasnya.

Wayan Suyasa yang dijagokan maju menjadi Bupati Badung di tahun 2024 juga mengapresiasi pelaksanaan lomba Bapang Barong dan Makendang tunggal yang telah dilaksanakan ST Candra Aditya. “Saya yakin kompetisi sehat dalam lomba ini akan menghasilkan generasi muda yang punya ekpresi seni yang lebih meningkat,” tukasnya.

Hal senada disampaikan Perbekel Penarungan Ni Wayan Kerni. Selain menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-45 ST Candra Aditya, dia juga menyatakan berbangga karena Desa Penarungan melalui tokoh masyarakat sekaligus Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa, telah mampu memajukan Desa Penarungan salah satunya ditetapkannya Desa Penarungan menjadi Desa Wisata di tahun 2021.

“Kami sangat bangga karena Desa Penarungan melalui tokoh yang ada seperti Pak Wayan Suyasa bersama tokoh masyarakat lainnya telah banyak meraih kemajuan yang tentunya juga tidak lepas dari peran generasi muda, yang tergabung dalam sekeha teruna maupun karang taruna,” ujarnya.

Ketua ST Candra Aditya Banjar Sengguan Desa Penarungan Kadek Doni Antara menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa serta tokoh milenial sekaligus caleg Golkar DPRD Badung Putu Sika Adi Putra dalam menyukseskan lomba Bapang Barong dan Makendang Tunggal yang diikuti 16 peserta ini dengan memperebutkan piala dan uang pembinaaan. Adapun tema dalam kegiatan ini tema “Jayaning Sundaram” yang berarti membangun semangat generasi muda melalui seni dan budaya.

Baca Juga  Tekan Penularan Covid-19, Tim Yustisi Denpasar Jaring 11 Pelanggar Prokes

Doni Antara antara juga menyebut Wayan Suyasa senantiasa membantu generasi dalam berkreativitas. Secara spontan Doni Antara menyatakan mendukung Wayan Suyasa menjadi Bupati Badung di tahun 2024 dan Putu Sika Adi Putra bisa melenggang menjadi DPRD Badung. “Kami siap mendukung Bapak Wayan Suyasa menjadi Bupati Badung di tahun 2024 dan milenial Putu Sika adi Putra lolos menjadi DPRD Badung,” tukasnya. (sar)

 

Hosting Indonesia