Beranda Another Region News “Zero Accident” Tiga Tahun Berturut-turut, Kadisnaker ESDM Provinsi Bali Apresiasi PLN

“Zero Accident” Tiga Tahun Berturut-turut, Kadisnaker ESDM Provinsi Bali Apresiasi PLN

Hosting Indonesia

bvn/hmpln

STATEMEN – Senior Manager Distribusi PT PLN UID Bali Putu Eka Astawa saat memberikan statemen terkait pertanyaan dari media.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

PT PLN (Persero) konsisten dalam menerapakan standar operasional prosedur (SOP) pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) demi memberikan pelayanan kelistrikan yang optimal bagi pelanggan. Hal ini terbukti di sepanjang tahun 2023 angka kecelakaan kerja nihil alias zero accident.

Dengan menanamkan prinsip zero accident pada setiap kegiatan baik peralatan maupun personel, PLN mampu menekan angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan sekaligus memastikan layanan kelistrikan aman dan andal.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disnaker ESDM), Ida Bagus Setiawan sesaat setelah memimpin Apel Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 di halaman kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, Selasa (23/1) menyampaikan, pihaknya terus mendorong perusahaan untuk disiplin menerapkan K3. “Kami (Disnaker dan ESDM) memperoleh penghargaan sebagai pembina K3 dan ini menjadi tantangan untuk mendorong dunia usaha untuk berkomitmen dan disiplin menerapkan K3,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, PLN sebagai mitra pembangunan telah memberikan contoh yang baik dalam penyampaian P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi perusahaan lainnya. “Untuk tahun 2024 tentu yang telah baik harus dipertahankan, khususnya PLN yang mampu mencapai zero accident diharapkan mampu menjadi trigger bagi perusahaan lain, sehingga dapat meningkatkan produktivitas di lingkungan kerja dan berdampak langsung pada pembangunan daerah,” ucap Bagus.

Pada kegiatan apel yang diikuti oleh pegawai dan mitra kerja di seluruh unit kerja PLN UID Bali berjumlah 180 orang ini, Senior Manager Distribusi PLN UID Bali, Putu Eka Astawa turut menyampaikan apresiasinya atas kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh pegawai dan mitra kerja dalam mencapai prestasi zero accident. “Pada 17-18 Januari lalu, PLN UID Bali memperoleh penghargaan dari PLN Pusat atas pencapaian zero accident selama 3 tahun berturut-turut untuk penerapan K3, dan penghargaan ini menjadi satu-satunya di PLN se-Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga  Kasus Sembuh Harian Covid-19 di Kota Denpasar 68 Orang

Putu Eka juga mengatakan, fokus penerapan K3 didasari oleh Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang dilakukan tak hanya di sisi PLN namun juga di mitra kerja.

Untuk itu, demi memastikan konsistensi pelaksanaannya, dirinya menjelaskan, PLN akan terus mengelola dan meningkatkan tingkat kematangan (maturity level) penerapan K3, serta konsisten dalam penerapan implementasi SMK2 (Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan), sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri ESDM No.10 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2).

Selain itu, demi mencegah kecelakaan kerja khususnya di masyarakat umum, dirinya mengharapkan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan keandalan ketenagalistrikan khususnya saat berkegiatan yang memiliki risiko atau berpotensi menyebabkan gangguan kelistrikan.

Dirinya juga mengatakan, PLN terus melakukan sinergi dengan berbagai stakeholder untuk bersama-sama menjaga kondusifitas dan keamanan ketenagalistrikan terutama yang berkaitan dengan budaya bermain layang-layang. Kini gangguan kelistrikan pun dapat direspons dengan cepat setelah adanya aplikasi PLN Mobile yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memberikan pengaduan. (sar/hmpln)

Hosting Indonesia