Beranda Badung News 210 Pekaseh dan Kelian Subak Se-Badung Terima Sepeda Motor Listrik

210 Pekaseh dan Kelian Subak Se-Badung Terima Sepeda Motor Listrik

Hosting Indonesia

sar/kombad

MOTOR LISTRIK – Sepeda motor listrik yang dibagikan kepada pekaseh dan kelian subak se-Kabupaten Badung serangkaian HUT ke-14 Mangupura, Kamis (16/11/2023).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Pemkab badung menyerahkan 210 sepeda motor listrik kepada pekaseh dan kelian subak se-Kabupaten Badung seusai perayaan HUT ke-14 ibukota Kabupaten Badung “Mangupura”, Kamis (16/11/2023). Sepeda motor listrik tersebut diserahkan Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Ketua DPRD Kabupaten Badung Putu Parwata kepada masing-masing perwakilan pekaseh dan kelian subak secara simbolis berupa penyerahan kunci dan STNK sepeda motor listrik.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha menyampaikan, pemberian sepeda motor listrik bagi pekaseh dan kelian subak adalah merupakan implementasi dari prioritas pembangunan Kabupaten Badung pada bidang pertanian. Di samping itu juga menunjukkan keberpihakan Kabupaten Badung kepada petani, yang diwakili oleh para pekaseh.

Selanjutnya, ujar Gde Eka Sudarwita, untuk mendukung program pemerintah yaitu go green. Dengan sarana mobilitas ini diharapkan kinerja pekaseh akan dapat semakin meningkat, namun di lain pihak adalah untuk efisiensi sumber daya atau efisiensi bahan bakar minyak bagi sarana mobilitas sehingga dapat mewujudkan go green dan sustainable development.

“Sepeda motor listrik yang didistribusikan hari ini adalah 210 unit bagi pekaseh dan kelian subak se-Kabupaten Badung. Yang diberikan ini kelas medium dengan daya jangkau kurang lebih 70 km, dan juga baterainya di-charger dengan durasi 2-3 jam, dan menjangkau untuk dipakai wilayah seluruh Kabupaten Badung,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sudarwitha menambahkan, Pemerintah Kabupaten Badung memberikan yang terbaik bagi para petani atau para pekaseh sebagai representasi petani di Kabupaten Badung. “Untuk total anggaran mencapai Rp 6 miliar lebih. Satu unit harganya adalah Rp 34 juta dengan subsidi energi adalah Rp 6 juta. Jadi harga yang diperoleh Rp 28 juta lebih,” ungkapnya.

Baca Juga  Presiden Tinjau Infrastruktur dan Naik KRL dari Tanah Abang ke Manggarai

Ketua Majelis Madya Subak Kabupaten Badung, Agus Gede Mudita mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung khususnya Bupati Badung yang sudah memberikan fasilitas sebuah sepeda motor listrik kepada pekaseh dan kelian subak se-Kabupaten Badung. “Tentu dengan tujuan Bapak Bupati untuk meningkatkan pelayanan kami kepada krama subak dan juga kepada pemerintah,” ujarnya.

Mudita juga mengatakan, sepeda motor listrik yang diberikan kepada para pekaseh dan kelian subak, sudah sesuai dengan konsepnya Bupati Badung yaitu untuk ramah lingkungan, dan juga sebelumnya pihaknya sudah diberikan pembekalan terhadap penggunaan sepeda motor listrik ini. “Mungkin kami yang pertama di Badung dan pertama di Bali selaku lembaga adat subak menerima fasilitas sepeda motor listrik dari Pemerintah Kabupaten Badung,” ujarnya.

Menurutnya, sepeda motor listrik ini cukup mendukung untuk digunakan di area persawahan. Konsepnya untuk ramah lingkungan dan mengurangi polusi. (sar)

Hosting Indonesia