Beranda Badung News Bupati Badung Optimis, APBD Badung 2025 Ditarget Rp 10,4 Triliun

Bupati Badung Optimis, APBD Badung 2025 Ditarget Rp 10,4 Triliun

bvn/sar

KUA DAN PPAS – Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyerahkan KUA dan PPAS Badung tahun 2025 pada rapat paripurna DPRD Badung, Rabu (10/7/2024).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta didampingi Wakil Bupati Ketut Suiasa, Rabu (10/7/2024) menghadiri rapat paripurna masa persidangan kedua DPRD Badung tahun 2024. Selain mengagendakan penjelasan DPRD terhadap Ranperda Tentang Pelestarian Tanaman Lokal, rapat paripurna tersebut juga mengagendakan penyampaian penjelasan Bupati Badung terhadap Ranperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Badung 2023, Rancangan KUA dan PPAS Kabupaten Badung Tahun Anggaran 2023, dan Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Semesta Berencana Kabupaten Badung Tahun 2025-2045.

Hadir pada tersebut Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa dan Made Sunarta, anggota DPRD serta Sekwan Gusti Agung Made Wardika. Hadir juga Forkopimda Badung yang meliputi Dandim Badung, Kapolres Badung, Kapolresta Denpasar, Kapolres Bandara, dan Kajari Badung. Rapat paripurna ini juga diikuti pimpinan organisasi perangkat daerah atau OPD serta tim ahli DPRD maupun tim ahli fraksi.

Terkait dengan target APBD 2025 yang berjumlah Rp 10,4 triliun, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyatakan, potensinya berasal dari pajak hotel dan restoran atau PHR. Pihaknya akan menggenjot penuh bertalian dengan hitung-hitungan dan semoga nanti tidak ada pergeseran untuk kunjungan wisatawan yang datang ke Bali, khususnya ke Kabupaten Badung.

Giri Prasta merinci, pertama adalah kunjungan wisatawan internasional. Pihaknya berhitung pada triwulan pertama tahun 2025 bisa tembus 1,7 juta wisatawan. Pihaknya juga mempertimbangkan hari libur sekolah, high season, belum lagi nanti di bulan September sampai November akan ada konferensi tingkat tinggi atau KTT di Kabupaten Badung ini. “Maka kami selalu optimis dalam urusan pendapatan asli daerah terutama PHR,” tegasnya.

Baca Juga  Ketua DPRD Badung Terima Audiensi Panitia Lomba Mancing GKPB Jemaat "Merta Urip" Lukluk

Dalam penetapan target APBD ini, pihaknya mengedepankan by the trend, bukan apple to apple. Dengan pola target yang dilakukan, Giri Prasta berharap semua bekerja dengan baik, bersama-sama bahkan ketika dirinya menggotong, warga, masyarakat dan OPD juga akan meroyong gerakan ini semua. “Toh ini juga akan dikembalikan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat,” tegasnya.

Karena itu, Giri Prasta pun menyatakan optimis target APBD 2025 Rp 10,4 triliun akan tercapai. “Kami harus selalu optimis,” tegasnya lagi.

Terkait Ranperda Pelestarian Tanaman Lokal Bali yang merupakan inisiatif DPRD Badung, ujar Giri Prasta, merupakan konsep awal yang dilakukan bertalian dengan mengembalikan wed atau unteng-nya Bali. Ini penting sekali sehingga di Badung sudah ada Taman Bumi Banten.

Kita juga harus mengklasifikasikan mana yang dimasukkan tanaman upakara atau penunjang sarana keagamaan, mana yang bisa berfungsi sebagai sada atau pengobatan. Dia pun mengaku memberikan dukungan sepenuhnya. “Kami memberikan dukungan penuh terhadap ranperda ini,” ujarnya. (sar)

Hosting Indonesia