Beranda Badung News Dekan FIB Unud Teken Perjanjian Kerja Sama dengan SEAQIL

Dekan FIB Unud Teken Perjanjian Kerja Sama dengan SEAQIL

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

Dekan FIB Unud teken PKS dengan SEAQIL, Kamis (23/11/2023).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Pada Kamis, 23 November 2023, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) menerima kunjungan dari Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Center for Quality Improvement for Teachers and Education Personnel in Language (SEAQIL) bertempat di Ruang Sidang Senat FIB Unud. Tim SEAQIL yang terdiri atas R. Dian Di-an Muniorh, Ph.D. (Plt. Direktur), Dr. Misbah Fikrianto (Deputi Direktur Administrasi) beserta jajaran diterima langsung oleh Dekan FIB Unud I Nyoman Aryawibawa, SS, MA, Ph.D, yang didampingi oleh Koordinator Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama (UPIKS), Novita Mulyana, SS, M.Hum, dan Sub-Koordinator Pendidikan dan Kerja Sama FIB Unud I Gusti Ayu Puspawati, S.Sos, M.H.

SEAQIL merupakan salah satu pusat regional dari Southeast Asian Ministers of Education Organization (Organisasi Menteri-menteri Pendidikan se-Asia Tenggara) yang memiliki visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan bidang bahasa di kawasan Asia Tenggara.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan, kedua belah pihak mendiskusikan potensi kerja sama di antara keduanya berdasarkan draf perjanjian kerja sama yang ditawarkan SEAQIL kepada FIB, yakni dalam ruang lingkup pengembangan sumber daya manusia, penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), serta program lainnya yang mendukung pemajuan pendidikan.

Dekan FIB Unud, I Nyoman Aryawibawa dalam sambutannya menyatakan, FIB Unud menyambut dengan sangat baik usulan kerja sama yg diajukan oleh SEAQIL. Dia berharap, FIB dan SEAQIL dapat menjalin hubungan kerja sama yang mutual atau saling menguntungkan. Dia menambahkan, tentunya kerja sama yang ditawarkan SEAQIL, diharapkan dapat membantu peningkatan kinerja FIB Unud, khususnya dalam kegiatan magang mahasiswa.

Baca Juga  Meriahkan HUT Ke-77 Proklamasi, Organisasi Kewanitaan Badung Gelar Berbagai Lomba

Senada dengan pernyataan Dekan FIB Unud, Plt. Direktur SEAQIL R. Dian Di-an Muniorh, Ph.D. menyatakan, menjalin dan menbangun jaringan kerja sama dengan berbagai instansi termasuk FIB Unud, merupakan hal yang tercantum secara eksplisit pada visi misi SEAQIL. Dia juga memaparkan bahwa dalam proses mewujudkan tujuan SEAQIL, yaitu meningkatkan kapasitas guru dan tenaga kependidikan bidang bahasa, tentunya memerlukan kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan FIB Unud.

Dalam diskusi yang dilaksanakan, kedua belah pihak sampai pada simpulan bahwa terdapat berbagai bentuk kegiatan atau program kolaborasi yang dapat dilakukan di bawah payung kerja sama. Oleh sebab itu, keduanya sepakat untuk meresmikan jalinan kerja sama dengan menandatangani dokumen perjanjian kerja sama (PKS).

Menindaklanjuti jalinan kerja sama ini, dalam waktu dekat, kedua belah pihak berencana melaksanakan sosialisasi terkait kegiatan Program Magang dan Studi Independen (MSIB) yang secara rutin dilaksanakan di SEAQIL, guna memberikan pemahaman dan menarik minat mahasiswa FIB Unud dalam mengikuti program tersebut. Pertemuan ini diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari SEAQIL kepada FIB Unud dan foto bersama. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4016-Dekan-FIB-Unud-Teken-Perjanjian-Kerja-Sama-dengan-SEAQIL.html

Hosting Indonesia