Beranda Another Region News Desa Wisata Manistutu Binaan PLN Masuk 10 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia...

Desa Wisata Manistutu Binaan PLN Masuk 10 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Hosting Indonesia

bvn/hmpln

10 BESAR – Desa Wisata Manistutu binaan PLN masuk 10 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.

 

NEGARA (BALIVIRALNEWS) –

Desa Wisata Manistutu binaan PLN Peduli menorehkan prestasi yakni berhasil tembus dalam 10 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023. Sebelumnya desa yang terletak di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana ini mampu masuk dalam nomisasi 75 besar. Kini desa yang memberi perhatian khusus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia dan produk-produk usaha mikro kecil (UMK) ini mampu meraih penghargaan pada kategori suvenir.

Atas capaian tersebut, Desa Wisata Manistutu mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenparekraf RI, Nur Asia Uno kepada I Putu Astawa seleksi perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wirawana Pagubungan Desa Manistutu, pada acara Malam Penganugerahan ADWI 2023 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (27/8).

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 telah bergulir sejak awal tahun, melalui beberapa tahapan seleksi dan diikuti oleh 4.573 desa wisata dari 7.276 desa wisata di seluruh Indonesia.

Dalam penilaian ADWI 2023, terdapat 5 kategori penghargaan yang dilombakan antara lain Kategori Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE, Kategori Digital dan Konten Kreatif, Kategori Homestay dan Toilet Umum, Kategori Daya Tarik Pengunjung dan Kategori Souvenir.

Manager Komunikasi dan TJSL PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Made Arya mengatakan, Program Desa Berdaya PLN bertujuan untuk membangun kawasan desa tangguh binaan PLN dengan konsep empowerment sehingga dapat menjadi role model optimasi potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDGs). “Program Desa Berdaya PLN mengintegrasikan 3 pilar yakni Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK di Desa Manistutu yang kemudian membawa Desa Wisata Manistutu mampu meraih peringkat 8 dalam ADWI tahun 2023,” katanya.

Baca Juga  Gubernur Koster Ikuti Rakor Persiapan IPU

Ketua Pokdarwis Wirawana Pagubugan, I Ketut Master yang sekaligus merupakan Badan Pengelola Desa Wisata Manistutu menjelaskan, program Program Desa Berdaya PLN, sangat bermanfaat bagi pengembangan Desa Wisata Manistutu. “Program Desa Berdaya PLN menjawab kebutuhan kami dalam mengembangkan desa wisata yang harus didukung oleh semua lini, baik itu SDM, produk UMK sebagai suvenir dan daya tarik pengunjung yang siap kapanpun dikunjungi oleh wisatawan,” ujarnya. (sar/hmpln)

Hosting Indonesia