Beranda Ekonomi Disparda Badung Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya Pedesaan dan Perkotaan

Disparda Badung Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya Pedesaan dan Perkotaan

Hosting Indonesia

ist

PELATIHAN – Kabid Sumber Daya Pariwisata I Nyoman Suardana membuka pelatihan Pemandu Wisata Budaya Pedesaan dan Perkotaan Tahun 2019 di Hotel Sense seminyak Badung, selasa (25/6).

 

MANGUPURA (BALIVIRAL NEWS) –

Sebanyak 60 Orang peserta dari 21 anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis)  mengikuti pelatihan kelompok Sadar Wisata yang ada di Kabupaten Badung melaksanakan kegiatan pelatihan Pemandu Wisata Budaya Pedesaan dan Perkotaan di Kabupaten Badung Tahun 2019 bertempat di Hotel Sense seminyak Badung, selasa (25/6). Acara di buka Kadis Pariwisata Kabupaten Badung diwakili Kabid Sumber Daya Pariwisata I Nyoman Suardana.

Kadis Pariwisata Kab Badung dalam sambutanya yang dibacakan Kabid Sumber Daya Pariwisata I Nyoman Suardana menyampaikan,  salah satu komponen yang berperan sebagai ujung tombak dalam sektor pariwisata adalah pemandu wisata atau pramuwisata. Etika dan pengetahuan yang dimiliki oleh pramuwisata sangat mempengaruhi kualitas pelayanan mereka kepada wisatawan yang secara langsung akan berdampak pada kenyamanan yang diterima oleh  wisatawan  selama berada di Kabupaten Badung. Desa wisata sebagai daerah tujuan wisata yang sedang dikembangkan sangat memerlukan pemandu wisata budaya pedesaan yang profesional, begitu juga pengembangan wisata kota (city tour) juga memerlukan tenaga yang terampil sebagai pemandu sehingga dapat memberikan kenyamanan dan informasi yang benar, menarik serta dapat menjalankan tugasnya sebagai pemandu wisata secara profesional  dapat terwujud  dan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan.

Pelatihan pemandu wisata budaya pedasaan dan perkotaan merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan pengembangan desa wisata dan wisata perkotaan dimana Kabupaten Badung dengan perkembangan kota yang mulai pesat dengan Mangupura sebagai pusat kota, serta kuta dan sekitarnya sebagai pusat pariwisata dengan segala fasilitas penunjangnya dan keberadaan 11 desa wisata di kabupaten badung memerlukan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era global.

Baca Juga  Bupati Giri Prasta Terima Audiensi Forum Ikatan Pengusaha Bar, Restoran dan "Nightclub"

Laporan ketua panitia yamg disampaikan Kasi Bimbingan Wisata I Gst Ngurah Ari Wisnawan melaporkan,  maksud dan tujuan pelatihan Pemandu Wisata Budaya Pedesaan dan perkotaan  adalah untuk mendukung daerah khususnya Kabupaten Badung dalam upaya meningkatkan kualitas destinasi pariwisata dan daya saing kepariwisataan daerah, meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat lokal serta perluasan kerja di bidang pariwisata. Peserta berasal dari 21 anggota kelompok sadar wisata di Kab. Badung  sebanyak 60 orang. Dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 25 s/d 28 juni 2019.

Edited by Wes Arimbawa

Hosting Indonesia