Beranda Badung News FT Unud Gelar “Workshop” Meningkatkan Education Readiness pada Pengimplementasian Green Building Dalam...

FT Unud Gelar “Workshop” Meningkatkan Education Readiness pada Pengimplementasian Green Building Dalam Standar Kampus Hijau

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

WORSHOP – FT Unud menggelar workshop meningkatkan education readness pada pengimplementasian green building dalam standar kampus hijau, Senin (13/11/2023) lalu.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Fakultas Teknik Universitas Udayana telah menyelenggarakan Workshop Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Penguatan Education Readiness pada Pengimplementasian Green Building Dalam Standar Kampus Hijau. Workshop ini berlangsung, Senin (13/11/2023) di Ruang Sidang FT Lantai 3 Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Udayana Bukit Jimbaran.

Kegiatan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, para dosen, tenaga pengajar dan mahasiswa. Materi disampaikan oleh narasumber, Prof. Dr-Ing Nandy Putra dan moderator Dr. Ni Made Pertiwi Jaya, ST, M.Si., M.Eng.

Kampus hijau didefinisikan sebagai kampus yang berwawasan lingkungan, yaitu yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan lingkungan ke dalam kebijakan, manajemen dan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Kampus hijau mempunyai kapasitas intelektual dan sumber daya dalam mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan tata nilai lingkungan ke dalam misi serta progam progamnya. Kampus hijau didesain untuk menghasilkan pemimpin bangsa, politikus, pengusaha, petani, atau penduduk bumi lainnya yang menghargai lingkungan. Kampus hijau juga harus menjadi contoh implementasi pengintegrasian ilmu lingkungan dalam semua aspek manajemen dan best practices pembangunan berkelanjutan.

UI Greenmetric merupakan standar yang dikeluarkan oleh Universitas Indonesia, yaitu sistem pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia yang basis penilaian utamanya adalah komitmen perguruan-perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Salah satunya, Gedung Integrated Creative Engineering Learning Laboratory (i-CELL) FTUI yang diresmikan pada September 2021, meraih sertifikasi EDGE Advanced (Excellence in Design for Greater Efficiencies) dari Green Building Council Indonesia.

Baca Juga  Ajak Ubah Mindset, PLN Gelar Gathering dengan Penggiat Kendaraan Listrik

Sertifikasi EDGE terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan pembuktian penghematan energi, air dan material, EDGE Certified (penghematan minimal 20%), EDGE Advanced (penghematan minimal 40%) dan zero carbon (pengematan 100%). Sertifikasi bergengsi ini merupakan sertifikasi bangunan hijau yang diberikan kepada bangunan-bangunan yang dinilai terbukti berhasil mencapai minimal 40% untuk efisiensi dan konservasi energi, konservasi air, konservasi energi dari material bangunan tersebut.

Gedung i-CELL FTUI terbukti berhasil menekan penghematan energi hingga 70%, penghematan air mencapai 42%, dan penghematan energi dari material yang digunakan sebesar 48%. Penghematan energi dicapai melalui penggunaan lampu-lampu yang hemat energi, instalasi on grid PV Solar Panel 101 kWp pada roof top gedung yang mampu menghasilkan 30% energi listrik untuk gedung, dan kontrol penggunaan daya listrik dalam gedung yang terintegrasi.

Penghematan air dilakukan melalui sistem rain water harvesting. Air hujan ditampung dan dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas operasional gedung dengan melewati proses filterisasi. Berdasarkan konsep kampus hijau, harapan untuk FT Unud dapat mengimplementasikan terkait penghematan energi dari material demi mewujudkan kampus hijau. (sar/jubir-unud)

Sumber: http://www.unud.ac.id

Hosting Indonesia