Beranda Badung News Hadiri Karya Ngenteg Linggih Pura Kahyangan Tiga dan Merajapati Umahanyar, Sekda Adi...

Hadiri Karya Ngenteg Linggih Pura Kahyangan Tiga dan Merajapati Umahanyar, Sekda Adi Arnawa Ajak Krama Guyub dan Bersatu

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

MAMUNGKAH – Sekda Wayan Adi Arnawa saat menghadiri Karya Agung Mamungkah, Ngenteg Linggih, di Pura Kahyangan Tiga dan Pura Merajapati Desa adat Umahanyar, Mambal Kecamatan Abiansemal, Selasa (7/5).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri upacara memben serangkaian Karya Agung Mamungkah, Ngenteg Linggih, Padudusan Agung, Medasar Tawur Balik Sumpah Madya, di Pura Kahyangan Tiga dan Pura Merajapati Desa Adat Umahanyar, Mambal, Kecamatan Abiansemal, Selasa (7/5). Puncak karya jatuh pada Buda Kliwon Wuku Matal bertepatan dengan Tilem Jiyestha pada 8 Mei ini. Sebagai wiku manggalaning Karya Ida Pedanda dari Griya Kemenuh Sembung.

Hadir mendampingi perwakilan Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa beserta unsur Tripika Kecamatan Abiansemal, perwakilan Majelis Desa Adat Kecamatan Abiansemal, Bendesa Adat Desa Adat Umahanyar I Ketut Nuridja dan Perbekel Desa Mambal I Nyoman Sugiarta

Pada kesempatan tersebut Sekda I Wayan Adi Arnawa melakukan persembahyangan bersama serta menyerahkan bantuan hibah karya dari APBD induk tahun 2024 sebesar Rp 1 miliar untuk Pura Kahyangan Tiga dan Rp 400 juta untuk Pura Merajapati Desa Adat Umahanyar, Mambal dan secara pribadi dirinya menyerahkan punia Rp 10 Juta  untuk kedua pura tersebut.

Dalam sambutannya, Sekda I Wayan Adi Arnawa meminta agar seluruh Krama Desa Adat Umahanyar untuk guyub dan bersatu, dan mendoakan agar target pendapatan asli daerah Kabupaten Badung memenuhi target yang sudah ditentukan, agar pemerintah dapat tetap memberikan bantuan kepada krama di Desa Adat Umahanyar, Mambal. “Saya meminta krama agar guyub dan bersatu. Kalau sudah bersatu di Pemerintahan Kabupaten Badung bisa tetap memberikan bantuan kepada krama di sini,” pungkasnya.

Baca Juga  Wawali Arya Wibawa Buka Abiantimbul Kite Festival Ke-2, Jadi Wahana Pelestarian Permainan Layang-layang Khas Bali

Manggala Karya sekaligus Bendesa Adat Desa Adat Umahanyar Mambal I Ketut Nuridja menjelaskan, rangkaian upacara di Pura Kahyangan Tiga dan Pura Merajapati melibatkan pengempon kurang lebih 250 KK. Rangkaian upacara dimulai sejak tanggal 24 Maret dengan nunas ica dan pewintenan prajuru adat, panitia dan serati banten. Dan upacara penyineban akan dilaksanakan pada 13 Mei mendatang. Selain bersumber dari bantuan hibah karya dana APBD Induk Pemkab Badung Tahun 2024, biaya upacara ini juga bersumber dari punia/urunan dari krama setempat.

“Mewakili krama di Desa Adat Umahanyar, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Badung beserta jajaran atas bantuan yang diberikan kepada kami,” ungkapnya. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia