Beranda Badung News I Made Arya Bhaskara Swara Raih Gelar Sarjana Berkat Daun Belimbing Wuluh

I Made Arya Bhaskara Swara Raih Gelar Sarjana Berkat Daun Belimbing Wuluh

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

I Made Arya Bhaskara meraih gelar sarjana FTP Unud berkat daun belimbing wuluh.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

I Made Arya Bhaskara Swara, STP. yang kerap dipanggil Bhas sukses meraih gelar Sarjana Teknologi Pangan (STP.) di Program Studi Teknologi Pangan Universitas Udayana yang secara resmi diwisuda pada periode Agustus 2023 dengan melakukan studi “Pengaruh Waktu Ekstraksi dengan Metode Microwave Assisted Extraction¬†(MAE) Terhadap Aktivitas Antioksidan Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averhoa Bilimbi L)” di bawah bimbingan Dr. Gusti Ayu Kadek Diah Puspawati, STP., M.Si. dan Dr. I Wayan Rai Widarta, STP., M.Si.

Penelitian yang dilakukan adalah pembuatan ekstrak yang berasal dari bahan alami seperti daun belimbing wuluh. Ia mengatakan, memilih daun belimbing wuluh karena menurutnya, melalui studi pustaka yang telah dilakukan sebelumnya daun tersebut mengandung komponen bioaktif seperti antioksidan yang sangat tinggi yang berpotensi sebagai antikanker dan antibakteri yang baik untuk kesehatan tubuh. Pada proses pembuatan ekstrak yang dilakukan digunakan metode Microvawe Assisted Extraction (MAE) yang merupakan metode ekstraksi yang memanfaatkan radiasi gelombang mikro yang dapat menghasilkan komponen bioaktif yang tinggi dengan waktu ekstraksi yang singkat.

Bhaskara dalam penelitiannya melaporkan, ekstrak daun belimbing wuluh mengandung komponen bioaktif seperti fenol, vitamin C dan flavonoid yang diindikasikan berfungsi sebagai antioksidan dan berpotensi sebagai antikanker dan antibakteri dengan nilai IC50 28,35 ppm yang berarti antioksidan ekstrak belimbing wuluh tergolong sangat kuat. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3483-I-Made-Arya-Bhaskara-Swara-Raih-Gelar-Sarjana-Berkat-Daun-Belimbing-Wuluh.html

Baca Juga  Akademisi FTP Unud Manfaatkan Buah Pandan Jadi Pewarna Alami
Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaDewi Ardiani, Penerima Beasiswa KIP-Kuliah Sukses Raih Gelar Sarjana Teknologi Pangan
Artikel berikutnyaDosen University of Koblenz Jerman Beri Kuliah pada Matrikulasi Mahasiswa Baru S2 dan S3 Ilmu Linguistik FIB Unud