Beranda Bali News Jamkrida Bali Bakal Hadirkan Penjaminan KUR Kerthi Bali di Tahun 2022

Jamkrida Bali Bakal Hadirkan Penjaminan KUR Kerthi Bali di Tahun 2022

0
Hosting Indonesia

bvn/sar

Dirut PT JBM (P) Ketut Widiana Karya

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

PT Jamkrida Bali Mandara (Perseroda) belum lama ini meluncurkan produk baru untuk pasar pasar penjaminan kredit yang ada di Bali yakni Penjaminan KUR Kerthi Bali. Per tanggal 5 Januari 2022 berdasarkan PKS Dalam Rangka Penggunaan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Untuk Penatausahaan dan Pengelolaan Penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) antara Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia dengan PT JBM (P).

Dengan telah ditandatangani PKS tersebut, secara resmi PT JBM (P) telah dapat menjalankan penugasan sebagai Perusahaan Penjamin KUR. Walaupun sebelumnya PT JBM (P) pernah ditunjuk sebagai penjaminan KUR dengan skema KUR Lama, namun dengan adanya perubahan Skema KUR, perusahaan kembali harus mengajukan permohonan kepada Kementrian Keuangan RI sebagai Penjamin KUR.

PT JBM (P) kabarnya akan terus melakukan update lini produknya, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan. Bahkan PT JBM (P) menyiapkan tiga produk baru lagi bekerja sama dengan perusahaan multinasional untuk dapat memacu kinerja perusahaan. Widiana Karya, Direktur Utama PT JBM (P) memaparkan tentang produk PT JBM (P) yang berjalan saat ini. “Adalah Penjaminan Kredit Mikro dan Kecil, Penjaminan Kredit Multiguna, Penjaminan Kredit Pengadaan Barang dan Jasa/Pola KEPPRES, Penjaminan Kredit Linkage Program, Surety Bond, Kontra Bank Garansi, Penjaminan KURDA Kabupaten Gianyar. Sedangkan besok Jumat (13/5/2022) akan dilaunching secara resmi oleh Gubernur Bali adalah Penjaminan KUR Kerthi Bali,” ujar Dirut PT Jamkrida Bali Mandara (Perseroda) Ketut Widiana Karya, Kamis (12/5/2022).

Penjaminan KUR oleh PT JBM (P) merupakan upaya yang sangat relevan untuk mewujudkan ekonomi Kerthi Bali, melalui pemberian penjaminan Kredit Usaha Rakyat kepada pelaku UMKM Bali khususnya kepada 6 pilar sektor unggulan, yaitu: (1) sektor pertanian; (2) sektor kelautan dan perikanan; (3) sektor industri; (4) sektor IKM, UMKM, dan koperasi; (5) sektor ekonomi kreatif dan digital; dan (6) sektor pariwisata berbasis budaya dan berorientasi pada kualitas.

Jamkrida Bali sebagai perusahaan milik daerah memiliki peran strategis turut serta dalam penggerak pembangunan ekonomi, mengingat peranannya dalam membantu IKM, UMKM dan koperasi untuk mengakses pendanaan dari perbankan dan lembaga keuangan non bank. Penjaminan KUR Kerthi Bali dilakukan melalui bekerja sama dengan Lembaga Keuangan Penyalur KUR seperti Bank BPD Bali dan KSP Guna Prima Dana sementara PT BPR Indra Candra dalam proses perizinan, potensi penyaluran KUR di Bali pada tahun 2022 sebesar Rp941,2 miliar, imbuh Widiana Karya.

Diketahui pula PT Jamkrida Bali Mandara (Perseroda) sebelumnya telah melakukan penjaminan KURDA Program TPKAD Gianyar yaitu KURDA UMK – Koperasi dan KURDA GAS, dengan sumber anggaran dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Gianyar yang disalurkan dalam bentuk pinjaman oleh PT BPR Bank Daerah Kabupaten Gianyar dengan menggunakan pola executing. (sar)

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaGubernur Koster “Launching” Penjaminan KUR Kerthi Bali PT Jamkrida Bali Mandara (Perseroda)
Artikel berikutnyaWabup Suiasa Buka Bimtek Enumerator Penggunaan Aplikasi SIDT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here