Beranda Badung News Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Jadikan BUMDes Tibubeneng Sebagai Percontohan

Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Jadikan BUMDes Tibubeneng Sebagai Percontohan

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

BOLMA SELATAN – Wabup Ketut Suiasa saat menerima kunjungan Pemkab Bolaang Mongondow (Bolma) Selatan, Sulawesi Utara, Kamis (18/1).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gentha Persada Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, menjadi menjadi proyek percontohan (pilot project) dalam penyaluran kredit ultra mikro. BUMDes ini dipilih oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Terpilihnya BUMDes Gentha Persada sebagai proyek percontohan dilirik oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara saat rombongan yang dipimpin Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Deddy Abdul Hamid mengunjungi Puspem Badung, Kamis (18/1) untuk diterapkan sebagai percontohan di Kabupaten tersebut.

Wabup Ketut Suiasa mengatakan, studi tiru ini dilaksanakan dikarenakan dari 46 desa di Kabupaten Badung seluruhnya memiliki BUMDes dan satu menjadi pilot project pusat yaitu BUMDes Gertha Persada Desa Tibubeneng yang diberikan kepercayaan untuk menyalurkan kredit pembiayaan usaha ultra mikro. Kredit ini digunakan untuk usaha-usaha kecil.

“Kita di Badung dipandang sudah berhasil mendorong dalam pengelolaan dan pengawasan BUMDes di Badung dan hampir seluruhnya memiliki badan hukum dan lebihnya adalah satu BUMDes kita yang dijadikan pilot project oleh Pemerintah Pusat yaitu BUMDes Gentha Persada Desa Tibubeneng. Studi tiru dapat menjadi percontohan agar dapat memotivasi desa yang menyelenggarakan BUMDes di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kebijakan yang pemerintah terapkan di sini diharapkan bisa dijadikan contoh walaupun berat tetapi dengan komitmen pemerintah daerah di sana tentu dapat berjalan dengan semestinya,” ujar Suiasa.

Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Deddy Abdul Hamid mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung dalam studi tiru untuk kemajuan daerah. “Kabupaten Badung adalah contoh dalam kemajuan pariwisata bukan hanya pariwisatanya namun BUMDes-nya pun baik pengawasan dan pengelolaannya sangat baik ini yang membuat kami hadir ke sini. Semoga ilmu yang kami dapat di studi tiru ini bisa kami terapkan nantinya,” ungkapnya. (dev/hmbad)

Baca Juga  Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung 2019
Hosting Indonesia