Beranda Berita Utama Kolaborasi dengan BPD dan Pemkot Denpasar, OJK Provinsi Bali Tingkatkan Literasi Keuangan...

Kolaborasi dengan BPD dan Pemkot Denpasar, OJK Provinsi Bali Tingkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Siswa TK

Hosting Indonesia

bvn/r

LITERASI KEUANGAN – OJK Provinsi Bali menggelar literasi keuangan di kalangan siswa taman kanak-kanak se-Denpasar, Rabu (8/5/2024).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bali, BPD Bali, dan Pemerintah Kota Denpasar melalui Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Kota Denpasar berkolaborasi meningkatkan literasi keuangan dan mengimplementasikan program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) kepada anak-anak TK pada acara Denpasar Education Festival yang dilaksanakan di Gedung Taksu, Dharma Negara Alaya, Jalan Mulawarman, Kelurahan Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Rabu (8/5).

Kepala OJK Provinsi Bali Kristrianti Puji Rahayu yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan pentingnya pendidikan mengenai keuangan oleh guru maupun orang tua kepada siswa didik mulai dari jenjang pendidikan paling awal. Lebih lanjut, Kristrianti menjelaskan, untuk mendukung pendidikan keuangan secara dini OJK menyusun Buku Literasi Keuangan Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang terdiri atas 5 seri yaitu Yena dan Uang Hijau, Penghapus Rama, Olin Gemar Menabung, Ketika Lilo Piknik, dan Panduan Menumbuhan Kecakapan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini. Selain Buku Literasi Keuangan Tingkat PAUD, OJK juga telah memiliki buku seri literasi keuangan tingkat SD sampai perguruan tinggi.

“Pemahaman keuangan merupakan bekal yang sangat penting untuk mereka miliki ketika memasuki usia produktif pada masa mendatang (essential life skills). Pengenalan menabung penting sekali diajarkan kepada siswa didik sedini mungkin. Menabung merupakan kebiasaan baik. Jika berhasil diresapi, kebiasaan ini akan menjadi budaya yang membentuk karakter hemat dan gemar menabung,” kata Kristrianti.

Kristrianti menambahkan, literasi keuangan dasar yang disampaikan melalui buku yang telah disusun OJK dimaksudkan agar siswa PAUD dapat mengenal fungsi uang, mendorong belajar hidup hemat dan menabung, membedakan antara kebutuhan dan keinginan, serta konsep berbagi dengan sesama. Hal tersebut merupakan nilai-nilai (values) yang ingin ditanamkan kepada siswa didik sejak dini sehingga mereka tidak hanya cerdas keuangan dan terampil mengelola keuangan tetapi juga cerdas secara emosional.

Baca Juga  Wagub Cok Ace Apresiasi Terbentuknya Pokdarkamtibmas Bhayangkara Bali

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan simbolis komitmen peningkatan literasi keuangan sejak dini melalui penyerahan Buku Literasi Keuangan Tingkat PAUD  oleh Kepala OJK Provinsi Bali Kristrianti Puji Rahayu kepada Bunda PAUD Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa, Kepala Disdikpora Kota Denpasar Anak Agung Gede Wiratama, dan Direktur Bisnis PT BPD Bali I Nyoman Sumanaya.

Melalui sinergi yang kuat antara OJK, pemerintah, regulator, PUJK, dan seluruh pemangku kepentingan, diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan sejak usia dini, dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat meningkatkan dukungan guru dan orang tua yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran anak. (sar/r)

Hosting Indonesia