Beranda Badung News Mendesak, Badung segera Mendirikan Pasar Higienis

Mendesak, Badung segera Mendirikan Pasar Higienis

0
Hosting Indonesia

bvn

Ketua DPRD Badung Putu Parwata

 

 

MANGUPURA (BALIVIRAL NEWS) –
Pasar higienis merupakan kebutuhan mendesak bagi Badung. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastikan akses pasar bagi kalangan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Hal ini dikemukakan Ketua DPRD Badung Dr. Drs. Putu Parwata MK, M.M. kepada sejumlah media di kantornya, Senin (13/5) kemarin. “Kami pikir, pasar higienis sudah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak bagi Badung,” tegas politisi Partai PDI Perjuangan asal Dalung, Kuta Utara tersebut.
Selama ini, tegas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Badung tersebut, kalangan UMKM belum memiliki akses pasar secara jelas. Walau ada pasar tradisional, skupnya sangat terbatas sehingga barang-barang kerajinan atau produk-produk pertanian di Badung terserap secara terbatas.
Dengan adanya pasar higienis induk, tegas doktor ekonomi jebolan Universitas Udayana tersebut, semua produk perajin dan UMKM termasuk produksi pertanian di Badung memiliki kepastikan akses pasar. Ini tentu saja akan mampu meningkatkan taraf hidup pelaku UMKM termasuk kalangan petani.
Menurut rencana, katanya, tahap pertama pasar induk akan dibangun di pusat Kota Mangupura. Lokasinya di sekitar Dalung dengan memanfaatkan lahan minimal satu hektar.
Dia menilai, Dalung sangat tepat sebagai pasar induk karena warga yang bermukim di sana sangat heterogen. “Selain itu, jumlah penduduknya cukup besar sehingga produk UMKM dan pertanian bisa terserap,” katanya.
Selanjutnya, kata Parwata, pasar induk higienis ini minimal bisa dibangun di setiap kecamatan. “Ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama kepada para pelaku UMKM dan petani di semua kecamatan,” katanya.
Setelah ada pasar, Parwata menyatakan, pemerintah akan tetap memberikan pendampingan terhadap produksi. Produksi menyangkut bibit, pupuk dan teknologi pertanian. Dengan begitu, produksi akan mencukupi serta kontinyuitas produksi bisa terjaga.
“Kami minta OPD terkait lebih memaksimalkan pendampingan dalam hal produksi mulai pembibitan, pemupukan serta teknologi,” katanya.

Dengan demikian, pendampingan kepada pelaku UMKM dan petani bisa berlangsung dari hulu hingga hilir. “Kami bisa pastikan pelaku UMKM akan meningkat baik kapasitas maupun kesejahteraannya,” tegas Parwata yang sudah dipastikan terpilih kembali sebagai anggota DPRD badung periuode 2019-2024 mendatang.

Edited by Wes Arimbawa

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaTaman Beji Paluh Desa Penarungan Jadi Wisata Spiritual Baru di Bali
Artikel berikutnyaWabup Suiasa Hadiri Karya Melaspas dan Mendem Pedagingan di Pura Desa, Desa Adat Semanik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here