Beranda Denpasar News Pastikan Kesiapan Pengawasan Siaran Pemilu 2024, Komisi I DPR RI Kunjungi Pemkot...

Pastikan Kesiapan Pengawasan Siaran Pemilu 2024, Komisi I DPR RI Kunjungi Pemkot Denpasar

bvn/hmden

KOMISI I DPR RI – Wawali Arya Wibawa menerima kunjungan kerja Komisi I DPR RI untuk memastikan kesiapan pengawasan siaran Pemilu 2024.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa menerima kunjungan kerja Komisi I DPR RI di Ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar, Kamis (25/5). Kunker DPR RI dipimpin langsung Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifikasi Komisi I DPR RI, H. Bambang Kristono. Turut hadir Ketua KPID Provinsi Bali Agus Astapa, OPD terkait Kota Denpasar serta undangan lainnya. Kunjungan kerja ini bertujuan menyerap aspirasi guna mendukung tugas pokok dan fungsi Komisi I DPR RI

Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifikasi Komisi I DPR RI, H. Bambang Kristono mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melihat langsung peran Pemerintah Kota dan KPI Daerah Provinsi Bali dalam mengawal informasi pemilu yang terpusat dan terintegrasi. “Kunjungan kerja ini merupakan bagian dari pelaksanaan tugas dan fungsi bidang pengawasan sehingga dapat melihat langsung peran pemerintah daerah dan KPID di dalam memberikan informasi tentang pemilu kepada masyarakat,” ujar Kristono.

Sebagai informasi, Komisi I DPR RI membidangi pertanahan, inteligen, luar negeri serta komunikasi dan informatika. Kegiatan ini juga untuk mempersiapkan langkah-langkah strategis guna memastikan pemantauan siaran pemilu berjalan dengan mengusung prinsip netralitas dan tidak mengutamakan kepentingan golongan tertentu. “Memastikan ketersediaan SDM yang memadai sehingga terselenggara pengawasan isi siaran dengan baik termasuk melibatkan partisipasi masyarakat untuk melaporkan pelanggaran isi siaran Pemilu,” katanya.

Wakil Walikota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, menjelang perhelatan akbar Pemilu 2024, di Kota Denpasar tercatat jumlah pemilih sementara hasil perbaikan per tanggal 12 Mei 2023 adalah 498.316 orang yang tersebar di empat kecamatan. Berdasarkan data KPU, Provinsi Bali memiliki 795 bakal calon anggota DPRD Provinsi yang berasal dari 18 partai. Sedangkan untuk DPRD Kota Denpasar sebanyak 656 bakal calon yang bersaing menduduki 45 kursi. Di dalamnya terdapat keterwakilan perempuan sebanyak 38 persen atau 250 orang. “Ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa proses demokrasi dan regenerasi politik di Kota Denpasar dapat dikatakan sangat baik,” ujarnya.

Baca Juga  Tidak Gunakan Masker, 11 Orang Terjaring Tim Yustisi Kota Denpasar

Lebih lanjut dikatakan, berbagai kolaborasi dan sinergi telah dilaksanakan utamanya komunikasi dan memberikan informasi kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dengan optimal. “Kami telah melaksanakan talkshow interaktif yang dilakukan setiap bulan pada radio publik Kota denpasar, akun medsos siaran publikasi serta media luar ruang baik yang dikelola pemerintah maupun swasta,” ujarnya. (wes/hmden)

Hosting Indonesia