Beranda Badung News Bupati Giri Prasta Hadiri Pembukaan Pesta Kesenian Bali XLVI Tahun 2024

Bupati Giri Prasta Hadiri Pembukaan Pesta Kesenian Bali XLVI Tahun 2024

bvn/hmbad

PEMBUKAAN PKB – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Sekda Wayan Adi Arnawa menghadiri pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI 2024 di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi, Niti Mandala Renon, Denpasar, Sabtu (15/6).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Ketua TP PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta dan Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri acara pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 yang dibuka oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono. Pembukaan ditandai dengan pemukulan kulkul dan pelepasan Peed Aya (Pawai) di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi, Niti Mandala Renon, Denpasar, Sabtu (15/6).

Pada kesempatan ini, turut hadir Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Darmawati, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Ida Mahendra Jaya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Bali, bupati/walikota se-Bali, tokoh masyarakat, dan seniman.

Bupati Giri Prasta menyampaikan dalam peed aya/pawai pembukaan PKB XLVI yang berlangsung di depan Monumen Bajra Sandhi, Niti Mandala Renon Denpasar, Duta Kabupaten Badung tampil di urutan kesembilan dengan melibatkan ratusan seniman lintas generasi yang ada di Gumi Keris. Dengan membawakan tema terkait dengan cerita gugurnya pahlawan asal Bali, I Gusti Ngurah Rai, dan pelaksanaan upacara ngaben.

Tema ini dinilai sangat sesuai dengan tema PKB tahun ini yakni Jana Kerthi: Paramaguna Wikrama (Harkat Martabat Manusia Unggul), yang dimaknai sebagai upaya pemuliaan hidup dan kehidupan manusia, yang diupayakan secara niskala sakala untuk mewujudkan kualitas hidup manusia yang bermartabat unggul dan maju.

Baca Juga  Tekad Kembangkan Sektor Pertanian, Kepala Desa Sepang Kelod Ikuti SBD V 2022 Unud

“Tema ini mempresentasikan peningkatan kualitas hidup manusia dapat dibangun dengan meneladani prinsip dan laku hidup para insan-insan unggul serta meneguhkan nilai-nilai luhur yang tumbuh di masyarakat yang nantinya menjadi asal muasal lahirnya berbagai ragam kebudayaan yang adiluhung yang merepresentasikan peradaban Krama Bali yang luhur, unggul,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta juga mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh sumber daya/seniman yang terlibat sebagai duta Kabupaten Badung dalam PKB tahun ini. “Semoga para duta kabupaten Badung bisa tampil dengan baik dan penyelenggaraan PKB ke-46 ini berjalan dengan lancar,” harapnya. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia