Beranda Denpasar News Peringati Hardiknas, Kwarcab Denpasar Gelar Pesta Siaga Tahun 2024

Peringati Hardiknas, Kwarcab Denpasar Gelar Pesta Siaga Tahun 2024

Hosting Indonesia

bvn/hmden

PESTA SIAGA KWARCAB – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar menyelenggarakan Pesta Siaga Kwarcab Denpasar pada Sabtu, 4 Mei 2024 di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (tiap 2 Mei), Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar menyelenggarakan kegiatan bertajuk Pesta Siaga Kwarcab Denpasar pada Sabtu, 4 Mei 2024 bertempat di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Lapangan Puputan Badung).

Pesta Siaga Kwarcab Denpasar 2024 mengambil tema “Pramuka Siaga yang Cekatan (Cerdas, Berkarakter, Tangguh) untuk suksesnya Merdeka Belajar” diikuti oleh 400 anggota Pramuka Golongan Siaga yang terdiri atas 200 anggota Pramuka Siaga Putra dan 200 Pramuka Siaga Putri se-Kwarcab Denpasar.

Pesta Siaga merupakan pertemuan Pramuka Siaga yang bersifat rekreatif, senang-senang, riang gembira, dan banyak gerak, sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anak didik seusia siaga. Fungsinya adalah memberikan dorongan terhadap latihan, membuka hubungan untuk menyelenggarakan integrasi antara Pramuka dengan masyarakat, pertukaran pengalaman, pengetahuan dan kecakapan antar sesama pramuka; serta penilaian dari kegiatan dan kecakapan yang dicapai.

Ketua Panitia Pesta Siaga Kwarcab Denpasar tahun 2024, RR Dyah Agustien Sanjaya, S.Pd saat ditemui usai pembukaan menyampaikan, Pesta Siaga Kwarcab Denpasar tahun 2024 diisi dengan sejumlah kegiatan menarik dalam bentuk permainan antara lain Menuju Pulau Bahagia, Mutiara Berharga, Kepiting Super, Berburu Mutiara dan Menjaring Karang. “Pesta Siaga kali ini kami isi dengan permainan menarik dan cocok untuk anak-anak golongan Siaga dengan harapan mereka menjadi Siaga Cekatan,” kata Dyah Agustien.

Dyah Agustien menambahkan, sesuai dengan SK Kwarnas Nomor 130 tahun 1976, Pesta Siaga dapat diselenggarakan dalam bentuk rekreasi, permainan bersama (mencari jejak cara siaga), pameran, pasar siaga (bazar), darmawisata (piknik), pesta seni budaya, perkemahan siang hari (dagkamp) atau pawai hias (karnawal).

Baca Juga  Puncak Karya Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Kahyangan Padangsambian, Walikota "Ngayah" Mesolah Topeng Arsa Wijaya

Wakil Walikota Denpasar selaku Ketua Kwarcab Denpasar yang diwakili oleh Dr. I Gusti Lanang Jelantik, M.Si selaku Ketua Harian Kwarcab Denpasar dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Gerakan Pramuka sangat penting dan harus diikuti karena Pramuka dapat membentuk karakter anak dari sejak dini.

Menurutnya, kegiatan Pramuka juga dapat menambah keterampilan, pengetahuan, sportivitas dan meningkatkan kebersamaan anak-anak. ”Untuk itu, saya harapkan semua orang tua bisa memberikan dorongan kepada anak-anaknya agar mengikuti Pramuka,” harapnya.

Untuk menarik minat anak-anak mengikuti Pramuka, Lanang Jelantik juga meminta kepada pembina Pramuka agar menggelar berbagai kegiatan dengan hal-hal yang semenarik mungkin, sehingga tidak terkonsentrasi pada satu kegiatan saja. “Pesta Siaga ini sangat penting dan strategis sebagai bagian dari pendidikan formal untuk membangun semangat kepanduan, toleransi, kerja sama dan disiplin melalui sejumlah kegiatan menarik yang sudah dirancang oleh kakak-kakak panitia,” kata Lanang Jelantik.

Dirinya menambahkan, Pesta Siaga Kwarcab Denpasar tahun 2024 juga sekaligus sebagai ajang penguatan merdeka belajar untuk mencetak profil pelajar Pancasila. “Ini adalah ajang penguatan profil pelajar Pancasila yaitu siswa yang bertakwa, siswa yang memiliki pengetahuan, siswa yang cerdas, siswa yang kreatif, inovatif, mandiri dan toleransi yang tinggi antar sesama,” pungkas Lanang Jelantik.

Pembukaan Pesta Siaga Kwarcab Denpasar tahun 2024 diawali dengan Upacara Bendera Golongan Siaga dan dilanjutkan dengan pelepasan burung oleh Ketua Harian Kwarcab Denpasar didampingi Ketua Panitia Dyah Agustien, Sekretaris Kwarcab Denpasar Made Arawan, Andalan Komisi Binawasa Anak Agung Wijaya Asmara, Andalan Komisi Abdimas, Humas dan Infokom Dewa Gede Rai serta perwakilan Kwartir Ranting se-Kwarcab Denpasar. (wes/hmden)

Hosting Indonesia