Beranda Another Region News Prodi Spesialis Ilmu Bedah FK Unud Rayakan HUT Ke-32 dengan Bakti Sosial

Prodi Spesialis Ilmu Bedah FK Unud Rayakan HUT Ke-32 dengan Bakti Sosial

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

BAKTI SOSIAL – Rayakan HUT ke-32, Prodi Spesialis Ilmu Bedah FK Unud menggelar bakti sosial.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Serangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32, Program Studi Spesialis Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan kolaborasi antara Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Puskesmas Payangan dan RSU Payangan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan, skrining kanker usus dan kanker payudara untuk masyarakat di kecamatan Payangan, Gianyar, Sabtu (22/7/2023).

Sebanyak 200 orang peserta yang hadir dengan sangat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan, 20 peserta yang hadir untuk skrining kanker payudara, dan 5 peserta untuk skrining kanker usus. Diharapkan setelah penyuluhan dan skrining dilakukan, pengetahuan dan kepedulian masyarakat mengenai kanker usus dan kanker payudara bisa menjadi lebih baik.

Penyuluhan dipaparkan oleh dr. IGAB Krisna Wibawa, Sp.B., Subsp.BVE(K), dengan topik “Varises, cara pencegahan dan cara penanganan awal pada tahap dini”. Selanjutnya topik kedua dipaparkan oleh dr. I Ketut Wiargitha, Sp.B(K)Trauma, dengan topik “Penanganan Awal Terjadi Bencana”. Kedua topik tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi masyarakat Payangan mengenai kesehatan.

Bakti sosial yang dilakukan merupakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-32 Prodi Ilmu Bedah, yang diselenggarakan sejak Juli sampai puncak acara 17 Agustus 2023, yang terbagi dalam seminar online dan offline, penyuluhan, kegiatan bakti sosial, turnamen olahraga dan perayaan HUT.

Kepala Puskesmas Payangan, dr. Made Arisani, Direktur RSU Payangan, dr. I Gusti Ngurah Gede Putra, S.Ked, M.Si, dan perwakilan dari Bupati Kabupaten Gianyar menyambut baik kedatangan Tim Fakultas Kedokteran Unud. Dalam kesempatan ini, Dekan FK Unud yang diwakili dr. Agus Eka Darwinata, S.Ked., Ph.D., selaku Koordinator UP2M FK Unud mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial adalah salah satu bentuk dalam pengamalan Tridarma Perguruan Tinggi.

Baca Juga  Di-"support" Donatur LN, Razia Perut Lapar juga Sasar Wisman yang Kehabisan Bekal

“Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat mendekatkan masyarakat dan sekaligus mensosialisasikan skrining kanker usus dan payudara kepada masyarakat awam, dan dapat meningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini dalam tingkat kesembuhan kanker,” ucapnya.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Koordinator Program Studi Spesialis Ilmu Bedah FK Unud, Dr. Dr. I Made Mulyawan, Sp. B, Subsp.BD (K), Koordinator Program Studi Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif, Prof. Dr. Dr. Tjokorda Gde Agung Senapathi, Sp.An, KAR., Kepala Kepolisian Sektor Kecamatan Payangan, AKP I Nengah Sona, SH, dan Komandan Rayon Militer Kecamatan Payangan, Kapten Inf. I Wayan Sudana. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3323-Program-Studi-Spesialis-Ilmu-Bedah-Fakultas-Kedokteran-Universitas-Udayana-Rayakan-HUT-Ke-32-Dengan-Bakti-Sosial.html

Hosting Indonesia