Beranda Badung News Putu Parwata Apresiasi Alokasi Dana Kesehatan Badung Melonjak Jadi 15 Persen

Putu Parwata Apresiasi Alokasi Dana Kesehatan Badung Melonjak Jadi 15 Persen

Hosting Indonesia

bvn/sar

KETERANGAN PERS – Ketua DPRD Badung Putu Parwata didampingi Wakil Ketua Wayan Suyasa dan Made Sunarta memberikan keterangan pers seusai rapat paripurna DPRD Badung, Selasa (15/8/2023).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Ketua DPRD Badung Putu Parwata mengapresiasi Pemkab Badung yang mengalokasikan anggaran kesehatan hingga 15 persen. “Ini luar biasa padahal sesuai ketentuan, dana kesehatan hanya 10 persen dari APBD,” tegasnya usai memimpin rapat paripurna DPRD Badung untuk mendengarkan penjelasan Bupati badung terkait dua Ranperda, Selasa 915/8/2023).

Yang naik mandatorinya, katanya, adalah kesehatan. Standar sesuai ketentuan adalah 10 persen, sekarang ini menjadi 15 persen. “Artinya apa? Pemerintah Kabupaten Badung serius untuk memberikan satu dorongan agar masyarakat Badung ini sehat dan sejahtera,” tegas Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung tersebut.

Dia juga memberikan apresiasi terhadap pendpatan daerah yang naik signifikan dalam perubahan APBD 2023. Seperti dijelaskan oleh Bupati, kenaikan pendapatan daerah sangat signifikan. Pendapatan asli daerah (PAD) melonjak menjadi Rp 6,4 triliun. “Ini mengalami lonjakan yang luar biasa yang didukung oleh sektor pariwisata,” tegasnya lagi.

Postur berikutnya, kata politisi PDI Perjuangan Dapil Kuta Utara tersebut, adalah pendapatan daerahnya Rp 7,5 triliun dan total APBD Badung 2023 adalah Rp 8,4 triliun. “Ini terobosan dan upaya yang sangat luar biasa,” katanya.

Setelah mencermati penjelasan Bupati, Parwata menilai, tercatat 20,33 persen dialokasikan untuk pendidikan. Angka ini juga melewati ketentuan peraturan yang menetapkan anggaran pendidikan 20 persen.

Untuk menjadi sehat dan sejahtera, ungkanya, Pemkab badung mengalokasikan hampir Rp 700 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan Rp 20 miliar untuk pemberdayaan masyarakat. Kemudian ditambah Rp 25 miliar untuk penguatan pertanian. “Jadi ini berimbang. Pariwisata Rp 18 miliar, itu didorong untuk melakukan satu promosi-promosi supaya sustainable tourism bisa terjadi di Badung,” tegasnya.

Baca Juga  “Technical Assistance” Wujud Pengayoman Bank BPD Bali Terhadap LPD

Karena itu, pihaknya berharap khususnya Dinas Kesehatan ini dengan rumah sakitnya betul-betul bisa memfasilitasi kesehatan masyarakat karena menjadi tanggung jawab kita bersama-sama. Postur yang disampaikan oleh pemerintah dalam hal ini Bupati, APBD kita ini 77 persen digunakan untuk pembangunan yang ada di Badung. “Kami harap OPD konsisten melaksanakannya dengan sungguh-sungguh untuk kemajuan Badung,” ujarnya. (sar)

 

Hosting Indonesia