Beranda Badung News RS Unud Terima Kunjungan Menko PMK RI, Cek Kesiapan Sebagai RS Rujukan...

RS Unud Terima Kunjungan Menko PMK RI, Cek Kesiapan Sebagai RS Rujukan G20

Hosting Indonesia

bvn/hm-unud

SARANA – Menko PMK Muhajir Effendy meninjau RS Udayana, Senin (23/5/2022). Menko berkesempatan meninjau sarana dan prasarana di RS tersebut.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Rumah Sakit Universitas Udayana (Unud) menerima kunjungan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Kunjungan ini diterima langsung oleh Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, MEng, IPU dan Direktur Utama Rumah Sakit Udayana Prof. Dr. dr. I Dewa Made Sukrama, MSi, SpMK (K) beserta jajaran, bertempat di Rumah Sakit Universitas Udayana, Senin (23/5/2022).

Kunjungan tersebut diawali dengan peninjauan beberapa ruangan di IGD kemudian dilanjutkan ke radiologi untuk melihat alat CT scan dan meninjau ruang laboratorium beserta alat-alat lainnya yang berada di rumah sakit.

Menko PMK dalam kunjungan ini menyampaikan, RS Unud merupakan rumah sakit yang akan ditentukan sebagai rumah sakit rujukan untuk event-event internasional dan dipersiapkan untuk pertemuan G20. Selain itu juga akan digunakan sebagai rumah sakit rujukan dalam pertemuan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR). “Saya sudah cek fasilitasnya, cukup bagus,” katanya.

Terkait dengan sarana dan prasarana pelayanan persiapan ICU rawat inap juga sudah sangat bagus serta ada beberapa perbaikan untuk kamar mandi yang betul-betul aman untuk pasien sesuai standar yang selama ini berlaku untuk pelayanan, terutama pelayanan rumah sakit internasional. “Di samping itu juga alat yang statusnya pinjaman dari Fakultas Kedokteran disarankan biarkan saja di sini. Jadi tidak usah ditarik ke fakultas, karena kalau ditarik waktunya sudah mendesak apalagi nantinya akan ada GPDRR, siapa tahu membutuhkan pemeriksaan lab yang cepat,” ujar Menko.

Sementara itu Rektor Unud mengucapkan terima kasih kepada Menko PMK telah meninjau Rumah Sakit Udayana. Kunjungan ini jika diartikan banyak sekali program yang harus dilengkapi, dan rumah sakit ini akan dipakai sebagai rujukan G20. “Selain itu Menko juga sudah memberikan masukan-masukan terhadap rumah sakit ke depan untuk melengkapi peralatan, sarana prasarana dan hal-hal lainnya. Hingga pada saat itu Unud ikut berpartisipasi dalam presidensi G20,” ujarnya.

Baca Juga  Gubernur Koster Peroleh Penghargaan "Top Government Public Relations Figure 2023"

“Itu kami akan support dan semoga bisa membantu. Tentu kami akan melakukan persiapan-persiapan dalam rangka G20 ini dan event-event internasional,” katanya, menegaskan.

“Pengalaman kami juga sebagai rumah sakit rujukan penanganan covid-19 di Bali, kami sudah melakukannya dengan optimal, sekarang kita tinggal meningkatkan kapasitas kita karena penugasan ini lebih menantang lagi. Tidak saja menyangkut bangsa kita tetapi menyangkut kredibelitas dan integritas bangsa negara, sehingga pada saatnya bisa ikut menyukseskan event-event kenegaraan,” ujarnya.

Direktur Utama Rumah Sakit Unud juga menambahkan, pihaknya sangat siap dengan SDM yang terdiri atas 76 spesialis, 300 perawat, 200 bed dan dari segi fasilitas ambulance. ICU rawat inap sudah siap menerima event-event internasional. Sedangkan untuk sarpras akan ditingkatkan kembali untuk penyelenggaraan internasional.

Untuk SDM disiapkan dari Unud dan tidak ada dari luar, karena komitmen  Rektor adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas yang ada di lingkungan Unud, katanya. (sar/hm-unud)

Sumber: http://www.unud.ac.id

Hosting Indonesia