Beranda Badung News Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Tawur Balik Sumpah Pura Dalem Suargan Bongkasa

Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Tawur Balik Sumpah Pura Dalem Suargan Bongkasa

bvn/hmbad

MELASPAS – Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri acara Melaspas dan Mendem Pedagingan serangkaian Karya Agung Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Suargan, Banjar Kedewatan, Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Badung, Senin (7/8).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri acara Melaspas dan Mendem Pedagingan serangkaian Karya Agung Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung Tawur Balik Sumpah sekaligus memberi paraf pada prasasti Pura Dalem Suargan, Banjar Kedewatan, Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Badung, Senin (7/8). Turut hadir dalam kesempatan ini Penglingsir Puri Ubud bersama Penglingsir Puri Banyuning dan angga griya, anggota DPRD Kabupaten Badung Putu Yunita Oktarini, Kadis Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa serta unsur Tripika Kecamatan Abiansemal, Ketua PHDI Badung Gede Rudia Adiputra, Perbekel Bongkasa I Ketut Luki, dan Perbekel Bongkasa Pertiwi I Nyoman Buda, Bendesa Adat Bongkasa Ida Bagus Gede Sujia Pradanta, serta tokoh masyarakat setempat. Pada kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Badung membantu dana Rp 1,35 miliar.

Upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan serangkaian Karya Agung Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung Tawur Balik Sumpah Pura Dalem Suargan dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Daksa Manuaba dari Griya Babakan Cau Belayu Tabanan.

Sekda Wayan Adi Arnawa menghaturkan puja pangastuti kepada Ida Betara-Betari yang berstana di Pura Dalem Suargan agar masyarakat diberikan keselamatan dan kesehatan dalam melaksanakan pujawali Melaspas dan Mendem Pedagingan serangkaian Karya Agung Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung Tawur Balik Sumpah. “Rasa bahagia saya sampaikan kepada masyarakat semua dalam menyambut Karya ini sudah bersatu segilik seguluk sebayantaka dan semoga dalam perjalanan upacara yang pertama kali dilaksanakan ini mendapat kerahayuan dan masyarakat harus tetap bersatu,” katanya.

Baca Juga  Akan Dimanfaatkan untuk Pembangunan Pura Pancung Segara, Wabup Suiasa Tinjau Aset Tanah Pemkab di Kuta

Terkait dengan besarnya bantuan hibah yang diberikan Pemerintah Kabupaten Badung untuk Upacara ini adalah sebagai bukti bahwa pemerintah melalui Bupati Badung sangat sayang kepada semua masyarakat dan untuk meringankan beban dalam melaksanakan segala upacara keagamaan selain ini juga untuk pembangunan atau penataan pura, wantilan, balai banjar serta kebutuhan masyarakat lainnya juga dibantu oleh pemerintah.

Manggala Karya I Putu Jana menghaturkan banyak terima kasih atas kehadiran Sekda Badung serta undangan lainnya. Masyarakat Banjar Kedewatan Bongkasa melaksanakan upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan serangkaian Karya Agung Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung Tawur Balik Sumpah ring Pura Dalem Suargan. “Dapat kami sampaikan Pura Dalem Suargan ini keemong oleh Banjar Kedewatan dengan jumlah 195  KK dan keemong 54 angkul-angkul. Persiapan pelaksanaan upacara ini sudah mulai dari bulan Maret yang lalu dan tanggal 7 Agustus dilaksanakan upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan serta acara mendak Bagia Pulakerti pada tanggal 9 Agustus. Puncak Karya jatuh pada Buda Umanis, wuku Medangsia tanggal 23 Agustus 2023. Kami sampaikan juga upacara piodalan seperti ini baru pertama kali kami laksanakan di Banjar Kedewatan dan upacara ini terlaksana sudah melalui kesepakatan bersama masyarakat dengan hati yang tulus ikhlas. Untuk dana kami dibantu dana hibah induk Pemkab Badung Rp 1,35 miliar dan dari Desa Bongkasa membantu dana Rp 250 juta. Kami mewakili masyarakat Banjar Kedewatan mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan untuk pelaksanaan Upacara yang kami laksanakan,” tutupnya. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia